10 Bisnis ini cocok buat kamu yang masih sekolah atau kuliah

10 Bisnis atau usaha ini cocok buat kamu yang masih sekolah - Apakah anda masih sekolah/kuliah? Dan anda ingin mandiri atau mencari uang saku tambahan. Kini saatnya yang muda berbisnis, jangan sampai malu kalau berbisnis itu, yang penting dijalani dengan ikhtiar, ikhlas dan kerja keras. Kalau anda bisa seperti ini, anda pasti akan jadi orang yang sukses. Apa sajakan usaha yang cocok buat para pelajar yang masih sekolah? Simak artikel berikut ini.

Berbisnis memang tidak mengenal yang namanya batasan. Baik itu tua muda, laki-laki perempuan semua memiliki kesempatan yang sama dalam dunia usaha. Semuannya memiliki peluang untuk sukses, namun banyak juga yang mengalami kegagalan, hal itu karena kebanyakan mereka menjalankan bisnis yang tidak sesuai dengan passion mereka. 

Passion memang sangat penting, karena dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion atau keinginan kita, membuat kita lebih ikhlas dalam menjalani bisnis tersebut, sehingga Anda tidak akan mudah menyerah jika mengalami kegagalan ditengah, karena Anda menjalani bisnis tersebut dengan hati yang ikhlas, bukan karena paksaan.

Nah tapi bagi kalian yang belum mempunyai bayangan ingin memulai bisnis apa, saya akan berbagi sebuah artikel mengenai Ide bisnis yang cocok buat kamu yang masih sekolah. Umumnya bisnis yang cocok bagi anda yang masih menjadi sekolah adalah bisnis yang tidak memerlukan modal besar. Bisnis yang cocok pastinya yang dengan modal kecil saja sudah bisa jalan, kemudian waktu tentunya tidak boleh melebihi jam sekolah. 

Apa sajakah bisnis yang cocok buat anda yang masih sekolah. Berikut ini superinspiratif.com sebutkan beberapa bisnis yang bisa Anda lakoni.

10 Bisnis / Usaha yang Cocok Buat Kamu yang Masih Sekolah

Bisnis yang cocok buat pelajar itu ya bisnis yang tidak membutuhkan modal terlalu besar, dan risikonya tidak besar. Anda bisa mencoba beberapa bisnis berikut ini yang terpenting jangan menipu seperti bisnis mama minta pulsa berikut ini :
10 Bisnis ini cocok buat kamu yang masih sekolah
10 Bisnis ini cocok buat kamu yang masih sekolah

1. Jualan pulsa di sekolah

 Jualan pulsa terbilang sangat mudah sekali, anda hanya perlu mengeluarkan modal sekitar 100 ribu saja dan anda langsung bisa memulai jualan. Uang 100 ribu itu digunakan untuk membeli saldo akun anda, dan itu akan berkurang kalau ada orang yang membeli. Jadi misalnya harga pulsa 5000, adalah 5200, maka saldo anda akan berkurang sebanyak 5200. Kalau anda jual ke teman dengan harga 6000 maka anda sudah mendapatkan untung 800 rupiah.

Saya yakin kalau teman-teman anda belum ada yang jualan pulsa, pasti laku keras deh. Sesuai dengan pengalaman saya, dulu saya juga pernah jualan pulsa ketika kelas 2 smk. Dan bener, manfaatnya banyak banget selain melatih kemandirian juga bisa buat beli buku sendiri, jajan dan banyak uang.

2. Beternak hewan/ikan

Beternak hewan yang cocok buat anda yang masih sekolah adalah beternak kelinci, ikan hias, marmut, ayam, jangkrik, burung dll. Intinya carilah hewan yang tidak membutuhkan modal yang besar, selain itu pilihlah hewan dengan risiko kematian yang tinggi. Yang penting jangan pernah malau kalau berbisnis itu, kalau anda bisa melawan rasa malu misalnya harus "ngarit" kalau anda beternak kelinci, anda akan memiliki mental yang bagus. Dan akan sangat berguna ketika anda sudah dewasa nanti.

3. Bertani

Tidak ada salahnya anda mencoba bertani, jangan mikir yang susah-susah. Anda bisa bertani di halam rumah anda, baik itu dibelakang atau didepan rumah. Manfaatkanlah lahan yang masih kosong, anda bisa mencoba membudidayakan cabai, tomat atau sayuran yang lain. Atau kalau anda ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang lagi anda bisa membudidayakan tanaman hias, seperti kaktus, bunga mawar, dll. 


4. Kaos dan stiker

Pernahkan anda membeli kaos atau stiker ke teman anda? Jika pernah berarti teman anda tersebut sedang melakoni suatu bisnis yaitu menjual kaos. Nah, agar tidak mengeluarkan modal banyak anda bisa mendata terlebih dahulu siapa saja yang ingin membuat kaos dengan desain yang anda tentukan. Kalau sudah memenuhi targer, langsung deh anda pergi ke konveksi kaos untuk dibuatkan. Setelah jadi, anda langsung membaginya dan anda mendapatkan keuntungan dari penjualan kaos tersebut. Anda bisa juga menjual stiker bukan kaos. 

Kalau anda punya teman atau relasi banyak di sosisal media, anda perlu juga tuh menawarkan ke teman-teman anda di sosmed. Siapa tahu mereka juga tertarik.

5. Menjual makanan disekolah

Ide bisnis yang pertama adalah dengan berjualan makanan dilingkungan sekolah. Saya tidak bisa memasak, bagaimana mau bikin usaha jual makanan? Nah itu gampang, Anda bisa meminta bantuan Ibu atau teman Anda yang jago masak, atau Anda juga bisa dengan memesan makanan pada orang lain kemudian Anda jual kembali dengan mengambil keuntungan. Tapi saran saya, mending Anda buat sendiri makanannya karena akan jauh lebih menghemat pengeluaran Anda. Nah untuk menjualnya Anda bisa dengan menitipkannya di kantin, atau dengan menjualnya secara langsung dari kelas ke kelas atau ke ruang guru. 

6. Menjadi Blogger

Blogger dan bisnis online
Blogger dan bisnis online

Ide bisnis selanjutnya adalah dengan menjadi seorang Blogger. Menjadi seorang blogger tidak memerlukan banyak biaya, Anda hanya dituntut untuk bisa membuat artikel dan melakukan optimasi pada blog Anda supaya pengunjung dari blog Anda banyak. Nah setelah banyak pengunjung, Anda bisa memasangi blog Anda dengan iklan seperti Google Adsense atau iklan lainnya yang membayar. Jadi tugas Anda adalah membuat artikel dan optimasi.

7. Menjadi Penulis

Jika Anda memiliki keahlian menulis, maka Anda bisa menyalurkan bakat Anda dengan menjadi seorang penulis lepas pada blog atau website milik orang lain. Nah bisnis inilah yang sekarang ini saya geluti. Banyak manfaat menjadi seorang penulis, selain memiliki banyak wawasan, juga bisa memperoleh penghasilan. Tidak hanya pada blog saja, Anda juga bisa menulis pada majalah-majalah.

8. Bisnis online

Bisnis yang satu ini sangat luas, asalkan anda bisa terhubung ke akses internet anda sudah bisa melakonis bisnis online ini. Salah satu macam dari bisnis online yaitu melalui blogger yang telah saya jelaskan di atas, kemudian masih banyak macam lagi bisnis online yang tentunya sangat cocok bagi anda yang masih pelajar. Karena anda bisa memilih bisnis online yang tidak memerlukan modal besar, waktu bebas dan mudah dijalankan. Saya contohkan : Kalau anda punya banyak video, entah itu video wisata atau gambar yang dijadikan video anda bisa upload ke youtube. Entar anda dapat uang dari internet melalui Youtube.

Kalau anda pandai berjualan, anda bisa melakoni internet marketing. Anda akan mendapatkan komisi per barang yang berhasil anda jual. Anda bisa berpromosi melalui website atau sosial media yang anda miliki. Kalau anda manguasai corel draw, anda bisa membuka jasa pembuatan logo. Dan masih banyak banyak banyak lagi. Anda bisa menghubungi saya kalau ingin mengetahui lebih tentang bisnis online ini. https://www.facebook.com/rahmad.n.hidayat.1

9. Jasa ketik/jasa print

Apabila anda dirumah memiliki fasilitas seperti komputer dan printer, anda bisa membuka jasa ketik sekaligus jasa printnya. Apalagi sekolah sekarang ini sangat sering yang namanya tugas yang berhubungan dengan komputer, mengetik dan mengeprint. Jadi jangan sia-siakan peluang ini begitu saja.

10. Membuat kerajinan

Kalau anda mempunyai tangan yang terampil, anda bisa membuat kerajinan tangan. Contoh yang bisa anda buat seperti layang-layang, kandang burung, kandang ayam, meja, mainan anak-anak, dan lain sebagainya. 


Nah itu dia ide bisnis yang cocok buat kamu yang masih sekolah, semoga bermanfaat dan membuat Anda semakin bersemangat untuk menjalankan bisnis.
Load disqus comments

0 comments