Tips Mudah Menabung Buat Kamu para Mahasiswa dan Pelajar

Tips mudah menabung buat kamu para mahasiswa dan pelajar - Uang simpanan merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Dengan adanya uang simapanan Anda akan merasa tenang, karena  jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya maka Anda tidak usah terlalu ambil pusing. Tapi, masalahnya adalah banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menyisihkan uangnya untuk disimpan. Walaupun gaji Anda besar sekalipun, tapi dengan   ketidaktahuan Anda dalam mengelola keuangan maka Anda bisa saja tidak memilki uang simpanan. Untuk itu kalian harus   pandai-pandai dalam mengelola keuangan.

Nah tapi bagaimana bagi Anda yang masih kuliah? Bagaimana cara Anda untuk menabung? Memang masa kuliah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terkadang Anda membutuhkan uang untuk membeli berbagai keperluan untuk kuliah, dan juga bagi Anda yang kos maka Anda juga harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk membayar sewa. Lantas, bagaimana cara Anda memiliki simpanan jika pengeluaran Anda sendiri tidak sedikit?

Untuk itu kami memberikan solusi dari permasalahan tersebut, saya membuat artikel ini yang isinya Tips buat kamu mahasiswa agar bisa menabung.

Tips Menabung untuk Mahasiswa

Tips mudah menabung buat kamu para mahasiswa dan pelajar
Tips mudah menabung buat kamu para mahasiswa dan pelajar

1. Atur Jumlah Pengeluaran
Tips yang pertama adalah dengan membuat sebuah perhitungan yang isinya mengenai pengeluaran maksimal yang boleh  dikeluarkan setiap bulannya. Dengan membuat perhitungan seperti itu, Anda akan bisa lebih berhemat lagi. 

Jadi jika setiap kali Anda mendapat uang saku dari orang tua Anda, Anda harus menyisihkan minimal 10% dari uang saku Anda selama satu bulan tersebut untuk ditabung. Dengan begitu, Anda akan memiliki uang simpanan yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

2. Makanan yang Murah tapi Kenyang
Tips kedua agar Anda bisa menabung adalah dengan mengatur makanan yang Anda konsumsi. Untuk menghemat pengeluaran, Anda tidak bisa membatasi jumlah makan Anda, misalnya yang seharusnya makan 3 kali sehari, untuk mengehmat maka Anda makan 2 kali sehari. Itu adalah prinsip yang salah, yang betul itu yang seperti ini. Anda makan 3 kali sehari, nah makanan yang Anda makan tadi usahakan harganya murah dan membuat Anda kenyang, kalau bisa juga enak. Dengan makanan yang murah tersebut, Anda masih bisa berhemat walau makan Anda 3 kali sehari. Tapi bagaimana kalau saya ingin makan makanan yang agak mahal? Anda bisa mensiasatinya dengan membuat jadwal untuk makan enak, misalnya seminggu sekali atau berapa hari sekali.  Itu semua tergantung Anda.

3. Batasi Penggunaan Kuota
Nah sebagai seorang mahasiswa kebutuhan akan informasi dan komunikasi memang menjadi hal yang wajib. Kebanyakan mereka berlangganan paketan internet dari beberapa provider lokal. Tapi, terkadang harga dari paketan pulsa memang tidak cocok untuk kantong para mahasiswa. Anda bisa mensiasatinya dengan menumpang pada wifi kampus atau tempat lain yang menyediakan hostspot gratis. Dengan begitu, Anda bisa memangkas pengeluaran Anda untuk membeli paketan internet.

4. Cari Tempat Kos yang Murah
Tips ke-4 ini khusus bagi mahasiswa yang rumahnya jauh dari kampus atau universitasnya, yaitu dengan kos. Nah tarfi dari Kos sendiri umumnya tidak terlalu bersahabat dengan para mahasiswa, apalagi kalau tempat kos yang ada disekitar kampus, rata-rata mereka memasang tarif yang mahal. 

Anda bisa mensiasatinya dengan mencari tempat kos yang murah, walaupun jaraknya sedikit jauh, jika harga yang dipasang jauh lebih murah maka jangan sungkan untuk mengambilnya. Tapi perlu diingat Anda harus membuat perhitungan yang matang juga jika ingin mencari tempat kos yang agak jauh dari kampus. Tidak usah terlalu bagus, carilah tempat yang sederhana, dengan begitu pengeluaran yang seharusnya untuk biaya kos, bisa Anda tabung.

Sekian tips buat kamu mahasiswa agar bisa menabung, semoga bermanfaat ya.
Load disqus comments

0 comments