Pria asal Makasar ini, meraih 19 gelar sarjana hanya dalam 13 Tahun

Pria asal Makasar ini, meraih 19 gelar sarjana hanya dalam 13 Tahun - Mungkin kita hanya bisa geleng-geleng kepala ketika ada seseorang yang mampu meraih 19 gelar sarjana hanya dalam waktu 13 tahun. Bagaimana tidak, bagi orang biasa untuk mendapatkan satu gelar sarjana saja dibutuhkan waktu 2 tahun lebih. Lah, ini ada orang yang hanya dalam waktu 13 tahun, tetapi ia mampu meraih gelar sarjana sebanyak 19.


Mungkin anda juga pernah membaca kisahnya, ia adalah Welin Kusuma. Kecerdasan dan kerja kerasya memang luar biasa, bayangkan saja ia meraih gelar yang ke 19 saat usianya baru 32 tahun. Dengan gelar yang hampir 20 ini, ia belum juga puas, ia masih akan sekolah lagi dan mengambbil program S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Terbuka Surabaya.

Welin Kusuma - pemilik 19 gelar sarjana
Welin Kusuma - pemilik 19 gelar sarjana
Ia mengaku bahwa ia sekolah tidak langsung bertatap muka seperti kuliah-kuliah pada umumnya, tetapi ia kuliah melalui online.

Ia mengungkapkan bahwa belajar di universitas terbuka itu lebih enak, lebih bebas dan lebih flexsible. Ia beralasan bahwa dengan kuliah terbuka ia dapat mengikuti pelajaran secara online, dan ujian akhirnya setiap akhir pekan.

Untuk membiayai kuliahnya, Welir bekerja sebagai Hand Rolled Analyst di PT HM Sampoerna tbk, dan sampai sekarangpun ia masih bekerja disitu. Selain bekerja di perusahaan tersebut, ia juga menjalani pekerjaan sampingan untuk membiayai hidupnya. Ia bekerja sebagai konsultan pajak.

Pria yang lahir pada tanggal 8 Maret 1981 ini berhasil meraih 19 gelar sarjana, diantaranya terdiri dari 8 gelar Sarjana (S1), 3 gelar master (S2), dan 8 gelar pelatihan profesional.

Dengan gelar-gelar tersebut, namanya menjadi sangat panjang bila ditambah dengan gelar yang diraihnya, berikut ini namanya yang disertai gelarnya :

Welin Kusuma ST, SE, SSos, SH, SKom, SS, SAP, SStat, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, AffWM, BKP, QWP.
Ia mengaku kesulitan untuk menuliskan namanya yang sangat panjang karena gelar-gelar yang ia dapat. Ia mengungkapkan bahwa dengan gelar-gelar tersebut ia gunakan ilmunya untuk mengembangkan usahanya di bidang konsultasi. 

Dan berikut ini adalah daftar pendidikan yang pernah dilakoni oleh Welin semasa hidupnya, data ini kami dapat dari blog pribadinya Wlinkusuma.blogspot.com :

1. Lulusan SMAN 1 Kendari
2. Sarjana Manajemen Ekonomi (SE) besar di STIE Urip Sumoharjo, 2001
3. Sarjana Teknik (ST) Universitas Surabaya (Ubaya), 2004
4. Sarjana Hukum (SH) Universitas Airlangga 2002
5. Sarjana Administrasi Publik (S.Sos) Universitas Terbuka (UT) Surabaya, 2002
5. Sarjana Teknik Informatika (S.Kom) Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS), 2002
6. Sastra Inggris (SS) Universitas Kristen Petra, 2003
7. Sarjana Administrasi Publik (SAP)
8. Sarjana Statistik (S.Stat)
9. Magister Teknik Industri (MT) Insitut Teknologi Surabaya (ITS), 2004
10. Master Ilmu Manajemen (MSM) Universitas Airlangga (Unair)
11. Magister Notaris (MKn) Universitas Airlangga (Unair)
Gelar Profesional meliputi:
1. Perencana Keuangan Terdaftar, Indonesia (RFP-I)
2. Pengembang Merek Profesional Bersertifikat (CPBD)
3. Manajemen Produk Profesional Bersertifikat (CPPM)
4. Perencana Keuangan Bersertifikat (CFP)
5. Afiliasi manajer kekayaan (AffWM)
6. Konsultan Perpajakan Bersertifikat (BKP)
7. Perencana Keuangan Berkualitas (QWP)
8. Sumber Daya Manusia Profesional Bersertifikat (CPHR)

Wah sangat banyak bukan, semoga saja dapat menginspirasi teman-teman agar belajar lebih giat lagi. Dan jangan pernah mengeluh ataupun menyerah, apalagi anda baru mengejar satu gelar saja. Welin saja bisa mengejar 19 gelar Sarjana, masak anda yang hanya satu gelar saja sudah loyo. Semangat..
Load disqus comments

0 comments