Ini Akibatnya Jika Durhaka dengan Orang Tua

Ini Akibatnya Jika Durhaka dengan Orang Tua - Orang tua adalah orang yang paling berjasa bagi hidup kita. Tanpa mereka kita tidak akan ada didunia ini. Orang tua ibarat pahlawan yang begitu besar jasanya bagi hidup kita. Mereka melakukan segala sesuatu untuk kita, untuk kebaikan kita. Mereka setiap hari bekerja membanting tulang dan juga menjaga kita dari segala mara bahaya. Memang ada betulnya jika kita tidak bisa membalas jasa kedua orang tua kita.

Orang tua memiliki andil yang sangat besar bagi hidup kita. Mereka melakukan segala hal dengan ikhlas demi kita. Lantas, apa yang bisa kita berikan kepada mereka? Kita tidak akan pernah bisa menghitung jasa mereka, walaupun kita memberikan setumpuk uang, emas, berlian, permata sekalipun itu tidak cukup untuk menggantikan kasih sayang mereka kepada kita. Untuk itu, dosa besar bagi mereka yang durhaka kepada orang tuanya. Walaupun kita tidak bisa membalas jasa mereka, tetapi ada satu hal yang bisa kita lakukan, yaitu berbakti kepada mereka.

Orang tua tidak menuntut banyak dari kita, mereka hanya ingin melihat kita sukses dan bahagia. Mereka tidak menuntut apa-apa dari kita. Untuk itu, mari kita kerjakan hal-hal yang sederhana saja yang bisa membuat mereka tersenyum, yaitu dengan berbakti kepada mereka. Jangan pernah durhaka kepada orang tua kita, karena Allah SWT sangat membenci orang-orang yang durhaka terhadap orang tuanya. Ingat, Ridha Allah terletak pada Ridha Orang Tua.

Nah kali ini saya mau berbagi artikel mengenai akibat jika durhaka dengan orang tua, sehingga dengan membaca artikel ini, kita semua tahu bagaimana Allah membenci orang-orang yang durhaka kepada orang tuanya.

Ini Akibatnya Jika Durhaka dengan Orang Tua

Ini Akibatnya Jika Durhaka dengan Orang Tua
Ini Akibatnya Jika Durhaka dengan Orang Tua

1. Mendapat dosa besar
Dalam sebuah hadist, Rasullulah SAW pernah bersabda "Dosa besar yang paling besar adalah syirik kepada Allah dan durhaka kepada orang tua."

Dalam hadist lain Rasulullah besabda "Ada 3 macam dosa yang akibat di segerakan dan tidak di tunda pada hari kiamat yaitu durhaka kepada orang tua, menzalimi manusia dan ingkar terhadap kebenaran"

Nah itu tadi beberapa hadist berkaitan dengan durhaka kepada orang tua, sungguh besar sekali dosa bagi mereka yang durhaka kepada kedua orang tuanya.

2. Menghalangi Doa dan Menggelapkan kehidupan
Dampak yang kedua yaitu akan menghalangi doa dan membuat kita berada dalam kegelapan. Jadi jika seorang anak durhaka kepada orang tuanya dan dia tidak meminta maaf sebelum mereka wafat, maka orang tersebut akan hidup dalam kegelapan dan doanya akan sulit untuk dikabulkan. Untuk itu, marilah kita segera bertobat agar terhindari dari dosa dan azab dari Allah SWT.

3. Amal ibadahnya tidak diterima Allah
Jika seorang anak durhaka kepada orang tuanya, maka anak tersebut semua amalnya tidak akan diterima oleh Allah sebelum ia bertobat dan meminta maaf kepada mereka. Dalam hadis Qudsi Allah swt berfirman: “Demi Ketinggian-Ku, keagungan-Ku dan kemuliaan kedudukan-Ku, sekiranya anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya mengamalkan amalan semua para Nabi, niscaya Aku tidak akan menerimanya.” (Jâmi’us Sa’adât 2: 263).

4. Shalatnya tidak diterima Allah
Allah juga tidak akan menerima salat seorang muslim yang durhaka kepada orang tuanya dan tidak memiliki niat untuk bertobat.

5. Tidak akan mencium bau surga
Allah SWT juga mengharamkan bagi Anak yang durhaka untuk masuk kedalam surga-Nya.

6. Mendapat siksa yang pedih dari Allah
7. Tidak akan mendapat syafaat dari nabi Muhammad SAW
8. Dimasukkan kedalam 2 pintu neraka
9. Mendapat laknat dari Allah
10.Celaka didunia dan diakhirat

Nah sekian artikel mengenai akibat jika durhaka dengan orang tua, semoga dengan artikel ini membuat kita semakin sayang kepada orang tua kita dan patuh kepada mereka.
Load disqus comments

0 comments