Nasihat, Carilah Ilmu Sampai Nafas Terakhir

Nasihat, Carilah Ilmu Sampai Nafas Terakhir (Sampai Mati) - Mencari ilmu adalah kewajiban semua orang, karena dengan ilmu kita dapat melakukan semua kegiatan di dunia ini dengan mudah. Menuntut ilmu tidak hanya di sekolah, tapi dimana saja. Mencari ilmu juga tidak hanya dilakukan oleh pelajar sd, smp sampai bangku kuliah tapi juga mereka yang tidak sekolah, yang sudah menjadi bapak dan memilki anak, yang sudah menjadi suami, yang sudah tua. Mencari ilmu juga tidak hanya berlaku bagi mereka yang masih belum sukses, seorang yang sukses seperti seorang presiden pun harus tetap menuntut ilmu agar ilmunya berkembang.

Coba bayangkan kalau saja dulu tidak ada yang menemukan kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil? Kita pasti lebih repot kalau ingin pergi jarak jauh, sebab ilmulah maka orang orang tersebut dapat membuat motor dan mobil.

Dalam hadits disebutkan bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim, dalam hadits lain juga disebutkan bahwa kita disuruh menuntut ilmu sejak buaian sampai ke liang lahat. Sampai ke liang lahat berarti kita diharuskan untuk menuntut ilmus sampai nafas terakhir.

Nasihat, Carilah Ilmu Sampai Nafas Terakhir
Nasihat, Carilah Ilmu Sampai Nafas Terakhir
Kewajiban menuntut ilmu tidak hanya berlaku untuk pelajar saja, tetapi untuk semua kalangan dari yang muda sampai yang tua. Belajar tidak harus disekolah, di rumah pun bisa entah itu dengan mendengarkan radio yang isinya bermanfaat, televisi, atau membaca buku-buku.

Dalam Al Qur'an Allah menegaskan bahwa Ia akan meningkatkan derajat orang-orang yang berilmu.

Dan ini sudah terbukti, coba anda lihat orang-orang yang ada disekeliling anda. Dan temukan perbedaannya, dari segi ilmu dan kesejahteraannya. 

Pernahkan anda ke dokter gigi? Kira kira kalau menambal gigi yang berlubang akan disuruh bayar berapa? Dan pernahkah anda pergi ke tukang tambal ban? Dan kira kira anda disuruh bayar berapa?

Saya yakin, untuk menambal gigi satu saja diperlukan uang sekitar 100 ribu, tetapi kalau untuk tambal ban mungkin tidak sampai 20 ribu. Itupun waktu yang dibutuhkan untuk menambal pasti lebih lama tukang tambal ban.

Dari contoh diatas kita dapat menyimpulkan bahwa orang yang mempunyai ilmu, oleh Allah akan ditinggikan derajatnya. Di dunia Allah akan memudahkan orang orang yang berilmu dalam menjalankan hidup di dunia. Kalau anda perhatikan orang-orang kaya adalah orang orang yang memiliki ilmu yang lebih dari yang lain.

Dan saya yakin, mereka perlu kerja keras untuk mendapatkan ilmu itu. Semua orang berhak dan memiliki kesempatan yang sama untuk menuntut ilmu. Jadi, yuk kita tambah semangatnya dalam menuntut ilmu agar kita menjadi orang-orang yang  mulia dan ditinggikan derajatnya oleh Allah baik di dunia maupun di akhirat. Tuntutlah ilmu sampai akhir hayat nanti.

Load disqus comments

0 comments