Memulai dengan berpikir sederhana itu lebih indah

Memulai dengan berpikir sederhana itu lebih indah, terkadang kita itu berpikir terlalu rumit sehingga sesuatu yang sederhana saja bisa menjadi lebih rumit. Hidup yang kita jalani sekarang ini akan lebih indah dan nikmat apabila kita mulai berpikir dari hal-hal yang sederhana. Semua itu dimulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu, baru kemudian hal-hal yang besar akan terjadi. Hindari berpikir yang tinggi-tinggi dengan mengabaikan yang sederhana, setelah yang sederhana anda dapatkan barulah anda berpikir ke yang lebih tinggi.

Seringkali kita mendapatkan kesempatan yang kecil, tapi kita abaikan itu karena kita menunggu kesempatan yang lebih besar. Padahal kesempatan yang besar itu belum tentu akan kita dapatkan. Simak cerita pemburu yang kami dapatkan dari Islampos.com :

Kisah Inspiratif - Seorang pemburu
Kisah Inspiratif - Seorang pemburu

Suatu hari ada seorang yang akan berburu rusa di hutan, ia berkeinginan untuk mendapatkan rusa yang besar yang banyak dagingnya sehingga akan cukup apabila digunakan untuk makan selama satu minggu.

Ia dihutan dengan membawa busur dan anak panah, ketika sampai di suatu tempat ia mendengar suara di balik-balik semak. Ia pun menyiapkan alat buruannya kemudian memeriksa semak-semak tersebut. Mulanya ia mengira bahwa itu adalah rusa yang ia incar, akan tetapi setelah diperiksa, ternyata itu hanya seekor kelinci. Ia pun membiarkan kelinci itu lari, dan memilih untuk menunggu kedatangan rusa yang besar.

Tak beberapa lama kemudian, ia juga melihat seekor kancil. Lagi lagi ia melepaskannya demi menunggu seekor rusa yang besar.

Ia menunggu hampir seharian, secara tak sengaja ia pun tertidur. Ketika ia tertidur, seekor rusa melewati pemburu tersebut dan secara tidak sengaja rusa tersebut menginjak dedaunan kering yang menimbulkan bunyi. Sontak, pemburu itupun bangun dan kaget melihat kedatangan rusa, karena kaget ia berteriak sesasaat setelah bangun dari tidurnya. "Rusaku".

Sebab itulah, rusa itu kemudian lari dengan sangat kencang dan pemburu tidak punya kesempatan lagi untuk menembakkan anak panahnya ke rusa. Karena hari hampir gelam, sang pemburu tersebut kemudian pulang dengan tangan kosong.


Hikmah :


Kita sering menginginkan sesuatu hal yang besar, yang membuat hal-hal yang kecil kita lupakan. Coba saja pada waktu itu, sang pemburu memanah kelinci dan kancil, pasti akan mendapatkan hasil yang lumayan daripada tidak sama sekali. 

Ini juga memberikan pelajaran kepada kita, bahwa jangan sampai memiliki keinginan yang sangat tinggi, sedangkan yang sederhana kita abaikan. Bisa jadi, sesuatu yang sederhana tadi adalah yang terbaik untuk kita. Dan bisa jadi juga yang sederhana tadi akan menjadi sangat besar suatu saat nanti. Dan bisa jadi juga yang sederhana itu lebih indah daripada seperti yang kita inginkan. 

Seperti menginginkan pasangan yang kaya raya, ganteng, cantik, anak pejabat dan lain sebagainya. Memang tidak ada salahnya menginginkan hal yang seperti itu, letak kesalahannya adalah pada mengabaikan sesuatu yang sudah ada seperti mengabaikan orang yang sudah menunggu, menerima dan mencintai kita apa adanya.

Untuk menjadi besar itu dimulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu, tidak langsung menjadi besar seperti yang kita inginkan. Untuk menjadi besar juga memerlukan proses, air saja membutuhkan waktu untuk mendidih. Kita tentu juga membutuhkan waktu untuk sukses dan dewasa.

Dari cerita tersebut juga mengajarkan kepada kita untuk selalu mensyukuri apa yang ada, apa yang kita punyai harus kita syukuri. Sekecil apapun itu, kalau sudah bersyukur InsyaAllah oleh Allah diberikan sesuatu yang lebih baik lagi.
Load disqus comments

0 comments