Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang

Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang - Makan merupakan kebutuhan setiap manusia, karena kita membutuhkan tenaga untuk beraktifitas sehari-hari. Dan tenaga itu kita dapatkan dari makan dan minum. Dalam Islam terdapat hadits yang menyuruh kita untuk makan secukupnya, tidak boleh berlebihan. Hadits tersebut bunyinya seperti ini : 
Kita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang
Namun, seperti yang dilansir di muslim.or.id bahwa hadits tersebut ternyata dhaif atau lemah. Walaupun lemah akan tetapi hal itu benar. Kita disarankan untuk makan sebelum lapar, tapi berhenti makan sebelum kita kenyang.

Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang
Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang


Hadits ini menyuruh kita untuk selalu makan dengan porsi yang cukup. Mengapa? karena kita tidak boleh kekenyangaan.  Kekenyangan hanya akan membuat kita perut tidak nyaman, mengantuk dan malas untuk bergerak. 

Kita memang tidak diperbolehkan makan terlalu kenyang, Rasul memerintahkan kita untuk makan seadanya saja namun jangan sampai kelaparan. Di dalam perut kita terbagi atas 3 hal, dan kita juga harus membaginya secara adil yait 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan sisanya untuk udara.

Jadi jangan sampai makan kekenyangan/berlebihan, dalam dunia kesehatan pun tidak baik kalau makan secara berlebihan. Bahkan Imam Asy-Syafi’i rahimahullah pernah memberikan penjelasan terkait hal ini, beliau menjelaskan bahwa makan berlebihan yang sampai membuat kekenyangan akan berdampak buruk, tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tetapi juga berdampak pada mental. 

“Karena kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah”.

Kekenyangan dapat membuat kita malas, kita akan malas untuk bergerak dan biasanya akan mengantuk. Badan berat karena jika kita bergerak maka perut kita akan sedikit sakit. Imam Asy-Syafi'i rahimahullah melanjutkan bahwa kekenyagan ternyata dapat menghilangkan kecerdasan, dan ini benar adanya. Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa orang yang banyak makan secara berlebihan, cenderung memiliki kecerdasan yang kurang (berfikirnya lama) dibandingkan dengan orang yang sehari-harinya makan cukup.

Beliau juga melanjutkan bahwa kekenyangan akan membuat kita malas dalam hal beribadah, kalau kita bergerak saja malas apalagi beribadah. Betulkah begitu, Jadi yuk mulai sekarang jaga pola makan kita, jangan sampai kita kekenyangan. Lebih baik makan sedikit-sedikit tetapi berulang-ulang, jangan sebaliknya makan banyak tetapi hanya satu kali sehari.
Load disqus comments

0 comments