Macam-macam Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Sifatnya

Macam-macam Sumber Daya Alam (SDA) - Sumber daya alam yang ada di dunia ini sangat melimpah, terdiri dari berbagai macam jenis dan macamnya. Sumber daya alam dapat didefinisikan sebagai kekayaan alam yang dapat berwujud sebagai benda mati ataupun makhluk hidup seperti tumbuhan dan juga hewan. Sumber daya alam ini manfaatnya sangat banyak sekali, yang pasti berguna untuk menunjang kehidupan manusia.

Seperti yang saya singgung di atas, bahwa sumber daya alam dapat dibagi-bagi menjadi beberapa macam. Nah, kali ini kitapunya.net akan membahas macam-macam SDA berdasarkan sifatnya. Berdasarkan sifatnya ini SDA dapat dibagi menjadi dua macam yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Lalu apakah perbedaan keduanya, dan contoh-contoh dari kedua macam sumber daya alam tersebut? Simak ulasan berikut ini :

MACAM-MACAM SUMBER DAYA ALAM (SDA) BERDASARKAN SIFATNYA

Macam-macam Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Sifatnya
Macam-macam Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Sifatnya

Lhoo, kok gambarnya malah foto orang sih? Ha ha ha, iya males cari gambar tentang SDA, ya udah tak kasih gambar saya aja. Itu foto pasa saya melihat-lihat tentang kekayaan alam Indonesia di salah satu gunung di Indonesia yaitu gunung sindoro. View nya mantap jiwa gan.. Istimewa dah..

Sumber Daya Alam atau yang biasa disingkat SDA adalah seluruh kekayaan alam yang ada di bumi ini, baik berupa benda mati ataupun makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan yang berguna untuk menunjang kehidupan manusia. 

Oke langsung saja ke macam-macam SDA berdasarkan sifatnya yang pertama yaitu SDA yang dapat diperbaharui.

1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbahuri definisinya adalah semua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia secara terus menerus karena dapat tersedia kembali. Namun bukan berarti akan terus ada, apabila di eksploitasi secara berlebihan oleh manusia maka dapat membuat SDA tersebut habis atau punah. Contoh SDA yang dapat diperbaharui adalah tanah, hutan, hewan, air dan udara.

Hewan adalah salah satu contoh SDA yang dapat diperbaharui, kita dapat memanfaatkan hewan sebagai sumber makanan, atau dapat memafaatkannya sebagai obat, kerajinan atau produk yang lainnya. Hewan tersebut dapat berkembang biak, dengan demikian hewan adalah SDA yang dapat diperbaharui. Namun, jika kita mengeksploitasinya secara berlebihan, maka dapat membuat hewan tersebut punah. Banyak sekarang hewan-hewan yang hampir punah seperti gajah, harimau sumatra, badak bercula satu dan lain sebagainya. Maka dari itu, marilah kita jaga alam semesta ini. Manfaatkan alam dengan bijak, jagalah alam bukan merusaknya. 

Tanah merupakan salah satu SDA yang dapat diperharui, kita dan makhluk hidup lainnya tinggal di atas tanah. Khusus untuk tumbuhan maka tanah merupakan media tanam bagi mereka, mereka juga mencari nutrisi melalui tanah. Tanah sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu tanah vulkanik, humus, gambur dan masih banyak lagi.

Hutan merupakan sumber daya alam yang sangat berguna untuk dunia ini, hutan seringkali disebut sebagai paru-paru dunia. Karena huta isinya adalah tumbuhan, sementara tumbuhan adalah sumber oksigen dan sumber makanan bagi manusia dan hewan. Tumbuhan ini memiliki banyak manfaatnya, salah satunya kayunya dapat digunakan untuk membangun rumah, kerajinan, perabotan rumah dan lain sebagainya. Terkadang manusia melakukan penebangan liar, sehingga hutan menjadi rusak. Tentu ini tidak boleh dibiarkan, selain akibat penebangan liar hutan juga rusak akibat pembakaran hutan. Disamping itu, hutan merupakan SDA yang dapat diperbaharui, karena kita dapat menanami hutan dengan pohon-pohon yang baru. Namun untuk mencapai pohon yang dewasa dibutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Air merupakan salah satu SDA yang paling penting bagi makhluk hidup, semua makhluk hidup membutuhkan air untuk keberlangsungan hidupnya. Air juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA), sebagai sarana transportasi, tempat berbudi daya ikan dan lain sebagainya. 


2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui
Jenis kedua dari SDA berdasarkan sifatnya adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, definisinya adalah kekayaan alam yang apabila dimanfaatkan manusia secara terus menerus maka dapat habis dalam jangka waktu tertentu. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ialah bahan tambang.

bahan tambang dibagi kedalam tiga kelompok. Ketiga kelompok itu adalah bahan tambang mineral logam, bahan tambang mineral tambang bukan logam dan sumber tenaga/energi.

Bahan tambang mineral logam merupakan bahan tambang yang berwujud bijih. Contohnya bijih besi, nikel, emas, tembaga, timah dan biji bauksil. Mineral logam dibagi menjadi dua yaitu logam murni dan logam campuran.

Bahan tambang mineral bukan logam. Contoh bahan tambang bukan logam adalah batu kapur, belerang, pasir, kaolin, asbes, mika, tanah liat dan intan.

Bahan tambang sumber tenaga (energi). Contoh dari bahan tambang ini adalah minyak bumi, gas alam dan batu bara. Adapun macam-macam produk pengolahan minyak bumi diantaranya minyak tanah, solar, pelumas, bensin, bensol dan aspal. 

Adapun manfaat dari batu bara yaitu digunakan untuk bahan bakar, contohnya bahan bakar untuk kereta api, kapal laut dan pembangkit listrik. Gas alam digunakan sebagai bahan pembuat pupuk, selain itu gas alam juga digunakan untuk bahan bakar kompor gas.

Demikian artikel tentang macam-macam SDA berdasarkan sifatnya semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Load disqus comments

0 comments