Kisah Sukses Jusuf Kalla, Seorang Pengusaha dan Wakil Presiden RI

Kisah Sukses Jusuf Kalla, Seorang Pengusaha dan Wakil Presiden RI 2004 - 2009 - Jusuf Kalla atau yang lebih akrab di sapa dengan JK adalah salah satu orang yang pernah menjabat sebagai wakil presiden Republik Indonesia. Beliau tercatat pernah menjabat sebagai wakil presiden RI, yang pada waktu itu yang menjabat sebagai Presiden adalah beliau bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tidak hanya sampai disitu, di tahun 2014 yang lalu beliau kembali ikut dalam Pilpres bersama pasangannya Joko Widodo. Dan hasilnya, beliau bersama Bapak Joko Widodo terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014 - 2019. Jadi bapak Jusuf Kalla ini sudah pernah menjabat sebagai wakil presiden di era pemerintaha SBY, dan kembali menjabat di era pemerintahan Joko Widodo.

Jusuf Kalla juga merupakan seorang pengusaha yang terbilang sukses, di umurnya yang sudah tidak muda lagi ia masih bersemangat dalam bekerja entah pada saat sebagai pengusaha atau wakil presiden. Beliau lahir pada tanggal 15 Mei 1942 di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Beliau memiliki nama asli Muhammad Jusuf Kalla, beliau juga pernah duduk pada jabatan yang sama saat masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyonono (SBY) periode 2004-2009. Beliau juga pernah menjabat sebagai ketua umum partai Golkar.

Sosok yang bersahaja dan peduli dengan masyarakat ini juga merupakan seorang pengusaha yang cukup sukses. Beliau menyelesaikan pendidikan di Universitas Hasanuddin Makassar tahun 1967 dengan mengambil jurusan Ekonomi. Dan selanjutnya pada tahun 1977 beliau menyelesaikan pendidikannya di The European Institute of Business Administration Fountainebleu, Prancis.

Kisah Sukses Jusuf Kalla, Seorang Pengusaha dan Wakil Presiden RI
Kisah Sukses Jusuf Kalla, Seorang Pengusaha dan Wakil Presiden RI

Sebelum menjabat menjadi wapres mendampingi SBY, Jusuf Kalla pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI selama satu tahun saat masa pemerintahan Abdurahman Wahid. Dan pada masa presiden Megawati Soekarnoputri beliau dipercaya untuk duduk sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat. Ia kemudian mengundurkan diri pada jabatannya tersebut dan maju bersama SBY menjadi calon presiden dan wakil presiden periode 2004-2009.

Jusuf Kalla merupakan putra dari pasangan suami istri Hadji Kalla dan Hajjah Athirah. Sebelum terjun kedunia politik, beliau dulu dikenal sebagai usahawan yang cukup gemilang. Beliau menggeluti beberapa usaha seperti ekspor hasil bumi, dan usaha-usaha seperi pembangunan infrastruktur penting. PT Bukaka Teknik Utama didirikan untuk rekayasa industri dan dikenal sebagai pelopor pabrik Aspal Mixing Plant (AMP) dan gangway (garbarata) di Bandara.

Tidak hanya dibidang ekonomi saja, Jusuf Kalla juga sangat peduli dengan pendidikan di Indonesia. Jusuf Kalla menjadi Ketua Yayasan Pendidikan Hadji Kalla yang mewadahi TK, SD, SLTP, SLTA Athirah, Ketua yayasan Pendidikan Al-Ghazali, Universitas Islam Makassar.

Selain aktif dalam berbagai hal yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat, Jusuf Kalla juga mengembangkan beberapa program seperti percepatan pembangunan bandara, pelabuhan, dan kereta api; peningkatan jumlah ekspor daripada impor; peningkatan kerja BUMN; membangun rumah susun; penanaman modal dengan meyusun program perbaikan Doing Business.

Setelah beliau selesai menjabat sebagai wakil presiden periode 2004-2009, pada Pemilu tahun berikutnya, beliau maju sebagai calon presiden RI bersama dengan Wiranto dari partai Hanura. Namun sayang, beliau gagal karena kalah dengan SBY-Boediono yang sukses menjadi presiden dan wakil presiden periode 2009-2014.

Sekarang ini, Jusuf Kalla tengan menjalanka tugasnya sebagai orang nomor dua dinegeri ini untuk masa 5 tahun kedepan. Ia bersama-sama dengan Joko Widodo bekerja sama untuk memajukan negeri ini. Memang bukanlah hal yang baru bagi Jusuf Kalla menjadi seorang wakil presiden, beliau pernah duduk di kursi yang sama bersama-sama dengan SBY. Jadi tidak perlu diragukan lagi kinerja dari beliau dalam menangani negeri ini.
Nah itu dia artikel mengenai kisah sukses Jusuf Kalla, sesok yang bersahaja dan peduli dengan rakyat. Sosok seperti inilah yang dibutuhkan oleh negeri ini untuk bisa maju dan menjadi negara kuat di Asia bahkan di dunia.
Load disqus comments

0 comments