Kapan dan Tanggal Berapa Hari Kesaktian Pancasila Itu?

Kapan dan Tanggal Berapa Hari Kesaktian Pancasila Itu? - Belajar sejarah memang mengasyikkan, selain mengenal bangsa kita sendiri mempelajari sejarah juga akan meningkatkan semangat nasionalisme bahwa untuk sampai ke tahap kemerdekaan bukanlah sesuatu yang mudah. Bangsa kita sudah dijajah ratusan tahun oleh bangsa lain seperti Portugis, Belanda dan Jepang. 

Di lembar sejarah bangsa kita tertulis bahwa pada tanggal 30 September 1965 terjadi insiden yang membahayakan bangsa kita, insiden tersebut adalah Gerakan 30 September (G30S). Peristiwa ini juga belum terungkap sepenuhnya, pasalnya masih terjadi perdebatan di tengah lingkungan akedemisi tentang siapa tokoh yang berada di belakangnya.

Kapan dan Tanggal Berapa Hari Kesaktian Pancasila Itu?
Kapan dan Tanggal Berapa Hari Kesaktian Pancasila Itu?

Hanya saja pada waktu itu kelompok keagamaan beserta otoritas militer menduga bahwa yang berada di balik itu semua adalah PKI. Mereka mengabarkan bahwa PKI memberontak dan berusaha untuk mengubah Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia menjadi ideologi komunis. Selain itu juga untuk membenarkan peristiwa Pembantaian pada tahun 1965 - 1966.

Pada hari itu, enam Jenderal dan 1 Kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Yang kemudian mayat-mayat tersebut dimasukkan kedalam sumur yang sampai sekarang dikenal sebagai lubang buaya. Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan satu hari setelah tangga itu atau tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Pada era pemerintahan Soeharto, biasanya film mengenai G 30 September PKI di tayangkan di setiap stasiun televisi pada setiap tahunnya di tanggal 30 September. Kemudian pada hari itu juga dilakukan uapaya bendera di Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, yang kemudian dilanjutkan untuk berziarah di makam para pahlawan revolusi di Tempat Pemakaman Pahlawan Klibata. 

Sayang sangat disayangkan, tradisi pemutaran film tersebut terhenti setelah era reformasi tergulir, padahal pemutaran film ini sangat berguna agar nantinya tidak terjadi hal serupa dan masyarakat lebih mengetahui tentang sejarah.

Jadi sudah tahu kan kapan dan tanggal berapa hari kesaktian pancasila itu, ya yaitu pada tanggal 1 OKTOBER. Jadi jangan sampai lupa ya, itu sejarah harus kita kenang dan kite pelajari.. Jangan lupakan jasa pahlawan. 

Nah, di era pemerintahan Jokowi ini ditetapkan lagi hari kelahiran Pancasila. Tanggal berapa hayoo? Jangan sampai tertukar ya, hari kelahiran pancasila diperingati setiap tanggal 1 JUNI. 
Load disqus comments

0 comments