Belajar dari seekor lebah, Inspirasi hidup

Kitapunya.net, pada kesempatan ini akan kami share tentang artikel inspirasi hidup, belajar dari seekor lebah. Lebah atau yang bahasa jawanya disebut dengan tawon adalah hewan yang memiliki manfaat yang sangat besar. Karena manfaatnya yang sangat besar, maka di dalam Al Qur'an terdapat surat  An-Nahl yang mempunyai arti lebah. Surat An Nahl adalah surat yang ke 16.

Lebah adalah hewan yang menghasilkan madu, yang mana madu ini adalah sesuatu yang sangat bermanfaat buat manusia, madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Dalam ayat 69 surat An-Nahl Allah swt berfirman :
69. kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. 
Belajar dari seekor lebah, Inspirasi hidup
Belajar dari seekor lebah, Inspirasi hidup
Dalam ayat tersebut sudah jelas bahwa madu mempunyai manfaat yang sangat banyak, salah satunya adalah sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit untuk manusia.

Karena itulah lebah memiliki keistimewaan tersendiri yang bisa kita teladani. Semua jenis lebah dari dulu hingga saat ini lebah selalu menghisap sari bunga. Tidak pernah ada lebah memakan air comberan, atau susu sapi. 

Pasti ia memakan sari bunga yang manis, yang kemudian diolah diperutnya dan keluarlah menjadi madu. 

Hal yang dapat kita ambil hikmahnya adalah, lebah selalu makan makanan yang baik dan manis. Ia tidak seperti lalat yang makan makanan yang jorok-jorok. Kita kalau bisa juga harus seperti lebah yang makan makanan yang baik lagi halal.

Tidak hanya baik saja, tetapi harus halal. Makanan yang halal bisa jadi haram kalau cara mendapatkannya salah. Seperti uang hasil mencuri atau korupsi, uang hasi korupsi atau mencuri memang bisa untuk membeli makanan yang baik dan enak, tapi apakah halal?

Jadi harus makan makanan yang baik dan halal. Dengan begitu kita dapat menghasilkan yang baik baik, seperti lebah yang menghasilkan madu. Apa yang kita makan akan berpengaruh pada tubuh kita dan perilaku kita. Kalau yang dimakan adalah makanan yang baik dan halal, maka InsyaAllah akan menghasilkan perilaku yang baik pula.  

Lebah adalah hewan kecil yang bisa terbang, walaupun ia menghisap sari bunga tapi ia tidak pernah merusak daun atau mematahkan ranting pohon. Bahkan lebah malah membantu penyerbukan bunga.

Kita dapat mengambil hikmah bahwa kita harus menjadi manusia yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan. Jangan sampai kita membuat dampak negatif bagi orang orang disekitar kita, akan lebih baik bila kita bermanfaat buat orang lain. Seperti lebah yang membantu penyerbukan pada bunga-bunga yang dihinggapi. Itu artinya, walaupun lebah meminta sari bunganya, ia ganti dengan bantuan penyerbukan. Sehingga ada simbiosis mutualisme (hubungan yang saling menguntungkan).

Lebah tidak pernah menyakiti manusia bila manusianya tidak menganggunya terlebih dahulu, akan tetapi apabila kita menganggunya ia bisa menyerang kita dengan menyengatnya.

Lebah mengajarkan kepada kita untuk jangan pernah menganggu atau menyakiti orang lain, tapi jangan terus pasrah begitu saja, maksudnya kalau misalkan diserang jangan diam saja. Kalau kita diserang maka kita harus mempertahankan diri, salah satunya adalah dengan menyerangnya balik. Sama seperti perang, kalau kita diserang ya jangan diam saja, tapi dilawan atau dihadapi. 

Lebah menghasilkan madu yang sangat bermanfaat buat manusia. Lebah mengajarkan kepada kita untuk menghasilkan sesuatu yang berguna dan bermanfaat, atau harus dapat menghasilkan yang baik-baik dan bermanfaat buat orang lain. Jangan sampai malah menghasilkan sesuatu yang tidak baik.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari lebah :

  • Selalu bermanfaat buat orang lain
  • Bekerja sama untuk saling menguntungkan
  • Jangan menyakiti orang lain
  • Jadilah kesatria dan pemberani (jangan diam saja kalau diserang)
  • dll

Gimana setelah belajar sama lebah? Jangan sampai kalah sama lebah ya!!
Load disqus comments

0 comments