Pengertian dan Rumus Fungsi Produksi

Pengertian dan Rumus Fungsi Produksi - Salah satu kegiatan ekonomi adalah produksi. Produksi merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang menghasilkan suatu barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan atau suatu perusahaan besar. Hasil dari proses produksi bisa berupa barang maupun jasa, kedua-duanya memiliki nilai jual yang harapannya membuahkan keuntungan.

A. Pengertian Fungsi Produksi

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa kegiatan produksi ini menghasilkan suatu produk yang jenisnya dapat berupa barang maupun jasa. Sehingga produk yang dihasilkan akan tergantung dari proses produksi yang dilakukan.

Nah, proses produksi tersebut terdiri dari serangkaian proses yang didalamnya terdapat faktor-faktor produksi seperti tenaga kerja, modal, SDA dan kewirausahaan. Jadi proses produksi tergantung dari faktor produksi yang terdapat di dalamnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai produk yang dihasilkan pada proses produksi juga tergantung dari nilai faktor produksinya. Hubungan antara nilai produk (output) dengan nilai faktor produksi (input) dalam proses produksi disebut dengan fungsi produksi. Lalu apa yang dimaksud dengan fungsi produksi?



Definisi fungsi produksi adalah suatu fungsi atau persamaan yang menunjukkan hubungan antara faktor-faktor produksi (input) dan tingkat produksi yang dihasilkan (Output). Selain itu juga dapat diartikan sebagaii hubungan antara jumlah produk yang dihasilkan (output) dengan faktor-faktor produksi yang ada dalam proses produksi. Rumus fungsi produksi ditulis sebagai berikut:

Rumus Fungsi Produksi 
Q = f (C, L, R, T)

Keterangan :
Q (quantity) = jumlah barang atau jasa yang dihasilkan (output)
f (function) = simbol persamaan fungsi
C (capital) = kapital/modal
L (labour) = tenaga kerja
R (resources) = sumber daya alam
T (technology)= teknologi dan kewirausahaan
(C, R, L, T) = faktor-faktor produksi (input)

Asumsi dasar untuk menjelaskan fungsi produksi ini adalah berlakunya “The Law Diminishing Returns” yang menyatakan bahwa Apabila suatu input ditambahkan dan input - input lain tetap, maka tambahan output dari setiap tambahan satu unit input yang ditambahkan mula-mula menaik, tapi pada suatu tingkat tertentu akan menurun jika input tersebut terus ditambahkan.

Ada 3 tingkat produksi:
Tahap I            : Produksi terus bertambah dengan cepat.
Tahap II          : Pertambahan produksi total semakin lama semakin kecil.
Tahap III         : Pertambahan produksi total semakin berkurang.

Beberapa pengertian penting dalam Teori Produksi:
1. Produk total (Total product) yaitu keseluruhan output yang dihasilkan dari hasil penggunaan sejumlah faktor produksi tertentu.
2. Produk rata-rata (Average product) yaitu produksi yang dihasilkan oleh satu orang tenaga kerja /input variabel (AP = TP / L)
3. Produk marjinal (marginal product) yaitu tambahan produk yang diakibatkan oleh bertambahnya seorang tenaga kerja, dan sebaliknya (DTP / DL)
Load disqus comments

0 comments