Alasan-Alasan Kegagalan dan Keberhasilan Bisnis Kecil

Alasan-Alasan Kegagalan dan Keberhasilan Bisnis Kecil - Dalam menjalankan bisnis tentunya ada gagal ada berhasil, dan semua itu ditentukan oleh berbagai faktor. Orang yang satu melakukan dengan cara A mungkin dapat berhasil, tapi orang yang kedua melakukan dengan cara A yang sama dengan orang pertama belum tentu berhasil. Lalu apa sajakah faktor-faktor yang bisa mendukung keberhasilan, dan faktor-faktor yang menyebabkan seseorang gagal dalam menjalankan bisnis kecil.

Nah, untuk yang pertama kami sebutkan beberapa faktor yang menyebabkan seseorang gagal dalam menjalankan bisnis kecilnya. Totalnya ada 4 faktor yang pertama berkaitan dengan manajerial, kurang fokus, kontrol yang lemah, dan terbatasnya modal bisnis yang dimiliki. Dan berikut adalah penjelasan dari masing-masing faktor.

1. Manajerial yang tidak kompeten atau tidak berpengalaman. 
Calon wirausahawan banyak ditemui memiliki pola pikir tentang keberhasilan hanya melalui penggunaan logika saja, terlalu yakin dengan keahlian manajerial yang dimilikinya juga dapat menyebabkan kegagalan. Makanya kita perlu belajar tentang manajerial kepada orang yang sudah ahli dalam bidangnya. Para calon wirausahawan terkadang juga berfikir bahwa mereka dapat sukses hanya apabila dia kerja keras, padahal kerja keras saja tidaklah cukup untuk suskes. Apabila manajer tidak tahu cara membuat keputusan dasar bisnis atau memahami konsep dan prinsip dasar manajemen, maka kecil kemungkinan mereka bisa berhasil dalam jangka panjang.

2. Kurang memberi perhatian
Sebab kegagalan berikutnya adalah kurangnya memberi perhatian. Kurang memberi perhatian dapat dikatakan wirausahawan tersebut tidak fokus menjalankan bisnis kecil yang dilakoninya. Walaupun hanya dibilang bisnis kecil, tapi untuk sukses harus dibutuhkan totalitas dan membutuhkan komitmen waktu yang sangat tinggi. Para wirausahawan yang tidak fokus dan totalitas, akan sulit bertahan pada bisnis kecilnya.

3. Sistem kontrol yang lemah
Sebab kegagalan bisnis kecil yang ketiga adalah sistem kontrol yang lemah. Sistem kontrol yang efektif berguna untuk membantu agar bisnis yang dijalani dapat tetap bertahan dan sistem ini juga berguna untuk membantu manajer mengatasi masalah-masalah yang mungkin timbul, dengan kata lain mencegah terjadinya masalah yang dapat membahayakan bisnis kecilnya. Jika sistem kontrol yang lemah, manajer mungkin tidak mengetahui adanya masalah-masalah yang berpotensi menggagalkan bisnisnya.

4. Kurangnya modal
Kegagalan bisnis kecil bisa juga disebabkan oleh kurangnya modal. Beberapa wirausahawan sangat optimis untuk mendapatkan laba sehingga bisa bali modal. Akan tetapi sebagian besar kasus diperlukan waktu yang lama bahkan sampai berbulan-bulan untuk bisa mendapatkan laba yang diharapkan. Nah, jika laba belum didapatkan, maka kita tetap membutuhkan modal untuk membayar para karyawannya. Banyak para ahli mengatakan bahwa suatu bisnis haruslah memiliki modal yang cukup, agar bisnisnya dapat beropersai setidaknya 6 bulan dengan laba yang pas-pasan. Beberapa diantaranya bahkan mengatakan harus memiliki modal yang bisa menjamin selama satu tahun. 

Alasan-alasan Keberhasilan

Kebalikan dari kegegalan adalah keberhasilan, nah bisnis kecil yang berhasil ini memiliki beberapa faktor yang mendukungnya. Sama juga seperti kegagalan, ada 4 faktor dasar yang dapat dikatakan sebagai dasar keberhasilan suatu bisnis kecil. Apa sajakah itu? Berikut ini kami sebutkan jdan jelaskan :

Alasan-Alasan Kegagalan dan Keberhasilan Bisnis Kecil
Alasan-Alasan Kegagalan dan Keberhasilan Bisnis Kecil


1. Kerja keras, dorongan dan dedikasi.
Para pemilik bisnis kecil harus berkomitmen dalam mencapai keberhasilan dan rela menghabiskan waktu (focus) dan usaha sebanyak mungkin, kerja keras dan pantang menyerah untuk dapat mewujudkannya. 

2. Permintaan pasar akan produk atau jasa yang disediakan
Mengetahui peluang pasar atau kebutuhan dari para konsumen menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis kecil. Ketika ada peluang yang baik, dan berhasil memanfaatkannya maka kemungkinan untuk suksesnya besar. 

3. Kompetensi manajerial
Para pemilik bisnis kecil yang berhasil mungkin mendapatkan kompetensi melalui pelatihan atau pengalaman, atau dengan belajar dari keahlian orang lain. Hanya sedikit wirausahawan berhasil yang dapat sukses sendiri atau langsung berhasil setelah lulus sekolah. Sebagian besar bekerja dulu di perusahaan besar atau bersekutu dengan teman-teman lain lain agar dapat memiliki lebih banyak keahlian dalam suatu bisnis baru.

4. Keburuntungan
Walaupun dengan cara yang sama, bisnis yang sama, teknik yang sama dengan bisnis kecil yang sudah sukses sekalipun belum tentu membuat bisnis tersebut bisa sukses. Karena adanya faktor keberuntungan, inilah faktor yang tidak bisa kita duga-duga. Tapi faktor ini memang ada di dalam diri setiap orang.

Mungkin itu beberapa alasan-alasan kegagalan dan keberhasilan bisnis kecil. Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak. 
Load disqus comments

0 comments