Sikap Positif Terhadap Konstitusi

Sikap Positif Terhadap Konstitusi - Definisi konstitusi dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu dalam arti luas, menengah dan sempit. Dalam arti luas misalnya, konstitusi memiliki arti sebagai hukum tata negara yaitu keseluruhan aturan dan ketentuan (hukum) yang menggambarkan sistem ketatanegaraan suatu negara. Sedangkan dalam arti menengah, konstitusi dapat diartikan sebagai hukum dasar. Terakhir, bila dalam arti sempit maka konstitusi dapat diartikan sebagai Undang-Undang Dasar.

Baca lebih lanjut tentang definisi konstitusi dalam artikel : Pengertian Konstitusi

Berdasarkan paham konstitusionalisme, konstitusi mempunyai 2 buang fungsi utama yaitu yang pertama adalah untuk menentukan dan membatasi kekuasaan pemerintah. Fungsi yang kedua adalah untuk menjamin hak-hak asasi warga negara yang tinggal dinegara tersebut.

Untuk membahas tentang fungsi dari konstitusi dapat membaca artikel berikut ini : Sifat dan Fungsi Pokok Konstitusi Negara.

Oke lanjut ke pembahasan utama kita pada siang hari ini yaitu tentang Sikap Positif Terhadap Konstitusi, apa sajakah sikap positif yang dapat kita lakukan? Berikut ini kami sebutkan :

Konstitusi Negera Indonesia


1. Melaksanakan konstitusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Sikap yang pertama adalah dengan patuh dan melaksanakan aturan-aturan yang terdapat di dalam konstitusi. Tentu sesuai dengan profesi yang dijalani. Tidak hanya masyarakat, tapi semuanya. Jadi pemerintah, lembaga negara, lembaga masyarakat serta warga negara harus berdasarkan UUD 1945.  Norma-norma, kaidah dan ketentuan dalam UUD 1945 harus dilaksanakan dan ditaati oleh semua orang. 

Kita juga harus malaksanakan bahwa UUD 1945 sebagai sumber hukum terhadap peraturan perundangan yang ada di bawahnya. Artinya dalam pembuatan peraturan seperti undang-undang, pereturan pemerintah, peraturan daerah dan peraturan yang berada dibawah UUD 1945 tidak boleh bertentangan dengan aturan yang ada pada UUD 1945.
2. Mengembangkan konstitusi sehingga mampu mengikuti perkembangan zaman
Sikap positif yang kedua adalah melakukan pengembangan. Pengembangan yang dilakukan adalah dengan reformasi hukum yang ada di Indonesia. Pengembangan ini diperlukan agar negara kita mampu mengikuti perkembangan zaman. Pengembangan-pengembangan terhadap peraturan yang memang sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman.

3. Menjaga pelaksanaan konstitusi
SIkap positif yang ketiga adalah dengan menjaga pelaksanaan konstitusi tersebut. Bagi kita yang merupakan masyarakat/warga negara, sikap yang baik dalam menjaga konstitusi adalah dengan mendorong berfungsinya demokrasi konstitusional yang sehat. Demokrasi harus ada hukum dan konstitusi, karena apa? Karena apabila tidak ada konstitusi dan aturan maka demokrasi tersebut akan menjadi anarki. Adapun cara atau sikap posistif yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :
  • Menciptakan kultur taat hukum yang sehat dan aktif.
  • Ikut mendorong proses pembuatan hukum yang aspiratif.
  • Mendukung pembuatan materi-materi hukum yang responsif.
  • Ikut menciptakan aparat penegak hukum yang jujur dan bertanggung jawab, bisa dengan melakukan pengawasan atau pelaporan kepada pihak yang berwajib.
Mungkin itu ketiga sikap positif yang dapat kita lakukan terhadap konstitusi. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.
Load disqus comments

0 comments