Dua Cara Memperoleh Kewarganegaraan (Naturalisasi) Di Indonesia

Dua Cara Memperoleh Kewarganegaraan (Naturalisasi) Di Indonesia - Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas mengenai asas-asas kewarganegaraan, yang mana membagi menjadi dua yaitu asas ius soli dan ius saunginis. Asas asas kewarganegaraan yang berbeda di setiap negara ini menyebabkan munculnya orang yang mempunyai kewarganegaraan ganda (bipatride) atau orang yang tidak memiliki kewarganegaraan (apatride). Sudah tahu apa itu pewarganegaraan atau naturalisasi kan? Berikut ini kami jelaskan terlebih dahulu, mengenai definisi dari naturalisasi atau pewarganegaraan.

Pewarganegaraa atau naturalisasi adalah suatu cara bagi orang untuk memperoleh kewarganegaraan suatu negara. Jika dipandang dari segi hukum, naturalisasi adalah perbuatan hukum yang menyebabkan seseorang memperoleh kewarganegaraan Indonesia, dengan jalan pewarganegaraan sebagaimana ditentukan dalam UU. No. 12 Tahun 2006 atau dengan jalan perkawinan.

Dua cara untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia yaitu dengan naturalisasi biasa dan naturalisasi istimewa. Apa yang dimaksud dengan dua cara memperoleh kewarganegaran tersebut? Berikut kami jelaskan masing-masing :

Apatride dan Bipatride
Apatride dan Bipatride

1. Naturalisasi biasa
Cara yang pertama untuk memperoleh kewarganegaraan adalah dengan jalan naturalisasi biasa. Naturalisasi biasa ini merupakan naturalisasi yang dilakukan melalui permohonan dan prosedur yang telah ditentukan. Permohonan pewarganegaraan dapat diajukan oleh permohonan kepada presiden lewat menteri dengan berbahasa Indonesia, syarat-syaratnya antara lain sebagai berikut :
a). Telah berusia minimal 18 tahun atau sudah kawin
b). Sudah bertempat tinggal di Indonesia 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut
c). Sehat jasmani dan rohani
d). Dapat berbahasa Indonesia dan mengakui dasar negara Pancasila dan UUD 1945
e). Tidak pernah dijatuhi pidana penjara 1 tahun atau lebih
f). Tidak memiliki kewarganegaraan ganda
g). Memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap
h). Membayar pewarganegaraan ke kas negara

2. Naturalisasi istimewa
Cara yang kedua dalam memperoleh kewarganegaraan yaitu naturalisasi istimewa. Definisi dari naturalisasi istimewa adalah pewarganegaraan yang diberikan oleh pemerintah (presiden) dengan persetujuan DPR dengan alasan kepentingan negara atau yang bersangkutan telah berjasa terhadap negara. Contohnya pewarganegaraan istimewa yang diberikan oleh Presiden Megawati kepada pemain bulu tangkis nasional Hendrawan.


Load disqus comments

0 comments