Tajwid dan Isi Kandungan Q.S. Yunus 101 Memperhatikan Kebesaran Allah

Tajwid dan Isi Kandungan Q.S. Yunus 101 Memperhatikan Kebesaran Allah - Kembali lagi membahas mengenai tajwid dan juga isi kandungan suatu ayat yang ada dalam kitab suci Al-Qur'an. Ini merupakan materi dari bab 7 kelas 12 SMA/SMK tentang pengembangan IPTEK. 

Allah swt menciptakan semua yang ada di alam semsta ini, seperti langit, bumi, bulan, matahari, dan segala isinya pasti bukan untuk hal yang sia-sia. Di dalamnya terdapat banyak hikmah, dan penciptaan manusiapun juga terdapat hikmah. Manusia berbeda dengan makhluk lainnya seperti malaikat, hewat dan tumbuhan. Manusia dianugrahi akal yang dengannya bisa berfikir, menilai yang baik dan buruk, menyebutkan nama benda dan lain sebagainya. 

Dengan akal juga manusia bisa meneliti berbagai kejadian alam bahkan meneliti apa-apa yang ada di alam semesta ini seperti matahari, bulan dan bintang, dengan begitu kita sadar bahwa kita bukanlah apa-apa dan Allah lah yang Maha Besar yang menciptakan seluruh alam semesta ini.

Tajwid dan Isi Kandungan Q.S. Yunus 101
Tajwid dan Isi Kandungan Q.S. Yunus 101


Dalam Q.S. Yunus Allah swt berfirman yang artinya :

قُلِ انْظُرُوْا مَاذَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ   ؕ  وَمَا تُغْنِى الْاٰيٰتُ وَالنُّذُرُ عَنْ قَوْمٍ لَّا يُؤْمِنُوْنَ
"Katakanlah, "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di Bumi!" Tidaklah bermanfaat tanda-tanda (kebesaran Allah) dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang yang tidak beriman."
(QS. Yunus: Ayat 101)

Tajwid Q.S. Yunus 101

انْظُرُوْا = Ikhfa Haqiqi (Nun sukun bertme zha') dan Mad Thabi'i (ro dhomah bertemu dengan wau)

مَاذَا = Mad thabi'i (Ma Fathah bertemu dengan alif)

وَالنُّذُرُ = Gunnah (Nun tasdyd)

قَوْمٍ لَّا  = Idgham bilaghunnah (Mim tanwin bertemu lam)

لَّا يُؤْمِنُوْنَ = Mad Ardi Li Sukun (Mad bertemu dengan huruf hijaiah hidup yang di waqafkan)

Isi kandungan Q.S. Yunus 101

Dalam tafsir At-Tabari dijelaskan bahwa ayat ini merupakan jawaban dari Rasulullah bagi orang-orang musyrik yang mempertanyakan kebenaran dakwah Rasul untuk kembali ke jalan yang lurus yaitu hanya menyembah Allah swt dan meninggalkan sesembahan-sesembahan (berhala) lainnya seperti patung, batu dan lain sebagainya. 

Sebelum manusia ada Allah telah menciptakan alam semesta ini, dan dibalik penciptaan alam semesta ini terdapat hikmah atau pelajaran bagi orang-orang yang berfikir. Namun, bagi mereka yang tidak beriman tidak ada pengaruh apa-apa terkait penciptaan alam semesta ini yang merupakan tanda-tanda kebesaran Allah swt. 

Orang-orang yang tidak beriman hanya memikirkan hidupnya dan dunia saja, tidak berfikir siapa yang menciptakan bulan, matari dan bumi. Tidak berfikir bagaima hujan turun, gunung meletus dan kejadian-kejadian alam yang lain. Hujan bisa turun karena proses alam, namun dibalik proses alam tersebut adak yang mengaturnya dan yang pasti bukanlah manusia apalagi hewan. Dan yang menurunkan hujan ke bumi adalah kehendak Allah, dan itu sebagai salah satu tanda kebesaran Allah dari tanda kebesaran Allah yang lain yang jumlahnya tidak bisa kita hitung. Seperti firman Allah swt dalam Q.S. An-Nahl ayat 18 yang artinya :

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Jika kita patuh terhadap ayat ini, yakni dengan memperhatikan kejadian-kejadian yang ada di alam semesta ini maka hikmah yang bisa kita dapatkan adalah meningkatkan dan mempertebal keimanan kita kepada Allah swt. Bagi orang yang beriman akan membuat imannya bertambah, dan bagi mereka yang belum beriman akan menggerakkan hatinya untuk mengenal Allah swt. Itulah mengapa sangat penting kita mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, karena denganya kita bisa mengetahui tanda-tanda kebesaran Allah yang nantinya dapat mempertebal iman kita.

Lalu, apa sih isi kandungan dari Q.S. Yunus ayat 101 ini, berikut adalah point-point pentingnya :
  1. Perintah Allah swt kepada manusia untuk memperhatikan, meneliti, menyelidiki apa yang ada di langit dan di bumi. 
  2. Dengan memperhatikan, meneliti dan menyelidiki apa yang ada di alam semesta ini maka dapat mempertebal iman kita kepada Allah, dan bagi mereka yang belum beriman dapat menggerakkan hati mereka untuk mengenal siapa yang menciptakan alam semesta ini.
  3. Semua yang ada di alam semesta ini merupakan tanda tanda kebesaran Allah swt, tidak ada yang lebih pantas kita puji dan kita agungkan selain Allah swt. Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah swt.
  4. Kebesaran Allah yang ada di Alam semesta ini dan para Rasul yang diutus untuk memberi peringatan, tidak bermanfaat bagi mereka yang tidak beriman.

Demikian isi kandungan Q.S. Yunus ayat 101. Baca juga : Isi kandungan Q.S. Al-Kafirun
Load disqus comments

0 comments