Contoh Pengamalan (Implementasi) QS Yunus 101 dan QS Al-Baqarah ayat 164

Pengamalan (Implementasi) QS Yunus 101 dan QS Al-Baqarah ayat 164 Sebagai Pelajar - Kemarin kita sudah membahas isi kandungan dari kedua ayat dalam postingan tersendiri. Yang mana dalam kedua ayat tersebut kita diperintahkan untuk berfikir dan merenungkan penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, hujan dan lain sebagainya.

Tujuan dari merenungkan tentang kebesaran Allah swt tersebut adalah agar bertambah iman kita kepada Allah swt, dan menyadari bahwa manusia hanyalah makhluk yang sangat lemah. Segala kekuatan hanya ada pada Allah swt.

Dengan merenungkan tanda-tanda kebesaran Allah tersebut, juga membuat kita semakin bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah swt. Sebagai contoh ketika terjadi hujan, maka kita selayaknya bersyukur karena dengan hujan bumi yang sebelumnya kering tandus bisa berubah menjadi subur hijau. Dengan hujan kebutuhan air manusia tercukupi, tumbuhan dapat tumbuh subur dan hewan-hewan pun tercukupi makanannya. 

Dalam pergantian malam dan siang juga demikian, Allah jadikan siang sebagai waktu kita untuk mencari Rahmat Allah dengan bekerja, mencari ilmu atau kegiatan yang lainnya. Dan menjadikan malam yang menyelimuti sehingga nyaman untuk kita beristirahat.

Tanda-tanda kebesaran Allah swt tersebut dapat dipahami bagi mereka yang beriman dan menggunakan akalnya untuk berfikir. Dan akan sia-sia bagi mereka yang tidak beriman. 

Al-Qur'an Pengembangan IPTEK
Al-Qur'an Pengembangan IPTEK


Lalu bagaimanakah implementasi dalam kehidupan sehari-hari dan pengamalam Q.S. Yunus 101 dan Q.S. Al-Baqarah ayat 164? Berikut adalah contoh pengamalannya :

 Contoh Pengamalan (Implementasi) Perilaku Yang Mencerminka QS Yunus 101 dan QS Al-Baqarah ayat 164


1. Mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi terutama yang berkaitan dengan alam semesta dengan dilandasi iman kepada Allah swt
2. Senang melakukan berbagai bentuk penelitian, taddabur alam dan wisata rohani
3. Meyakini adanya tanda-tanda akan kebesaran Allah yang terbentang di alam semesta
4. Beriman kepada Allah swt dan bertauhid kepada Allah swt (tidak menyekutukannya) karena yang berhak disembah hanyalah Allah swt pemilik dan pencipta alam semesta ini.
5. Selalu berkreasi dan berinovasi untuk memecahkan persoalan hidup dan untuk mencapai kemajuan atau menemukan berbagai teknologi baru yang mampu memudahkan pekerjaan kita
6. Selalu belajar dan berusaha dalam segala hal
7. Berfikir kritis dan peka terhadap kejadian-kejadian alam
8. Berdzikir dan memuji Allah ketika melihat keindahan ciptaannya dan kejadian-kejadian alam yang lainnya.
9. Menjaga dan melestarikan alam ini
10. Bersyukur ketika Allah swt beri nikmat yang banyak seperti hujan, tumbuhan yang tumbuh subur


Demikian contoh pengamalan dan implementasi dalam kehidupan sehari-hari Q.S. Yunus ayat 101 dan Q.S. Al-Baqarah ayat 164.
Load disqus comments

0 comments