Isi Kandungan Q.S. Al-Baqarah Ayat 164 Pengembangan IPTEK

Tajwid dan Isi Kandungan Q.S. Al-Baqarah Ayat 164 - Masih sama dengan topik yang lalu yaitu ayat-ayat Al-Qur'an tentang Pengembangan IPTEK. Jika yang lalu kita sudah membahas tentang Q.S. Yunus ayat 101 yang mana memerintahkan kita untuk memperhatikan kebesaran Allah swt yang ada di langit dan bumi, kali ini kita akan mengkaji sedikit tentang isi kandungan dari Q.S. Al-Baqarah ayat 164.

Sebelum melangkah lebih jauh, kita baca dulu Ayat 164 dalam Q.S. Al-Baqarah yang merupakan surat ke dua dalam Al-Qur'an setelah Surat Al-Fatihah.

Allah swt berfirman :

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِيْ تَجْرِيْ فِى الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنَ السَّمَآءِ مِنْ مَّآءٍ فَاَحْيَا بِهِ الْاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيْهَا مِنْ کُلِّ دَآ بَّةٍ ۖ  وَّتَصْرِيْفِ الرِّيٰحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَآءِ وَالْاَرْضِ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ

"Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati (kering), dan Dia tebarkan di dalamnya bermacam-macam binatang, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, (semua itu) sungguh, merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti."
(QS. Al-Baqarah: Ayat 164)

Hampir sama dengan postingan yang sebelumnya tentang pentingnya kita mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam ayat ini Allah menegaskan bahwa dalam penciptaan langit dan bumi, pergantian dari malam ke siang begitu juga sebaliknya, kapal bisa berlayar di laut, turunnya hujan dan seterusnya seperti ayat di atas terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti.

Maknanya kita diperintah untuk berfikir dan merenungkan berbagai macam kebesaran Allah swt, seperti :

1. Penciptaan langit dan bumi
Dalam ayat 164 menggunakan kata (Khalqi) yang memiliki arti "penciptaan", namun dapat juga diartikan dengan "pengukuran yang teliti" atau "pengaturan". Maka dari itu kita diperintahkan untuk berfikir ataupu meneliti tentang kebesaran Allah terkait penciptaan langit dan bumi termasuk proses kerjanya yang sangat teliti. Bumi merupakan planet yang kita huni saat ini, di dalam bumi terdapat berbagai jenis makhluk seperti hewan dan tumbuhan. Dan segala apa yang ada di dalam bumi termasuk tanda-tanda kebesaran Allah swt. Sedangkan langit terdiri dari benda-benda angkasa seperti bulan, bintang, matahari, planet, dan lain sebagainya. Semua yang ada di langit tersebut bergerak (beredar) dengan garis edarnya masing-masing dan beredarnya sangat sistematis dan teratur. MasyaAllah.. Sungguh Maha Besar Allah dengan segala yang diciptakan-Nya.

2. Merenungkan Pergantian Malam dan Siang
Bumi berevolusi mengelilingi matahari, disamping itu bumi juga mengalami rotasi atau berputar pada porosnya. Sehingga terjadilah siang dan malam. Di beberapa tempat ada perbedaan lamanya siang atau pun lamanya malam, tergantung letak geografisnya. Pergantian siang dan malam ini terdapat tanda kebesaran Allah swt bagi orang-orang yang mengerti.

3. Merenungkan bahtera-bahtera yang berlayar di laut
Bagaimana kapal-kapal bisa mengapung dan berlayar di laut, mengapat tidak tenggelam walaupun membaha barang-barang yang berguna bagi manusia. Dan bagaimana pesawat bisa terbang melintasi udara? Itu semua berhubungan dengan transportasi, mungkin dulu memanfaatkan angin untuk menggerakkan kapal. Tetapi sekarang sudah menggunakan teknologi canggih yang lebih modern. Namun, disamping itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi mereka yang berfikir.

4. Merenungkan Hujan, Angin dan Awan
Dalam ayat ini kita juga disuruh untuk merenungkan hujan, bagaimana hujan itu turun dan apa manfaatnya bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Hujan merupakan siklus yang berulang-ulang, bermula dari air di bumi yang menguap dan berkumpul menjadi awan di langit dan membeku, kemudian turun sebagai hujan. Yang mana dengan adanya hujan tersebut, tumbuhan-tumbuhan dapat hidup dengan subur dan hewan-hewan pun dapat memakan rerumputan yang subur. Manusia pun juga merasakan nikmatnya turunnya hujan.

5. Merenungkan aneka binatang yang diciptakan Allah
Allah swt menciptakan binatang-binatang yang bermanfaat untuk manusia, sebagai sumber makanan ataupun sebagai alat transportasi dalam berperang seperti kuda dan unta. Dan itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah swt.

Isi Kandungan Q.S. Al-Baqarah Ayat 164 Pengembangan IPTEK
Isi Kandungan Q.S. Al-Baqarah Ayat 164 Pengembangan IPTEK

Isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 164

Nah dari kelima point diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa isi kandungan dari Q.S. Al-Baqarah ayat 164 adalah sebagai berikut :
  1. Allah swt menciptakan langit yang sangat indahdan bumi dengan segala isinya sebagai tanda kebesaran Allah swt. Apa yang ada di dalam bumi seperti tumbuhan, hewan, hutan, tambang, dsb adalah untuk manusia.
  2. Allah swt menundukkan laut kepada manusia yang dapat dimanfaatkan sebagai alat transportasi, dan dengan itu juga manusia bisa menggunakan laut sebagai tempat pencaharian. 
  3. Allah swt menjadikan di bumi waktu, pergantian siang dan malam dan perbedaan lamanya waktu siang dan malam. Semua itu dapat dirasakan manfaatnya oleh manusia. Seperti siang untuk bekerja dan malam untuk beristirahat.
  4. Allah swt menurunkan hujan sebagai keberkahan bagi seluruh makhluk hidup, menyuburkan tanah yang tandus dan tumbuh-tumbuhan dapat hidup dengan subur. Dengan tumbuhan hidup subur, kebutuhan makan hewan-hewan herbivora terpenuhi, dan begitu seterusnya berdasarkan jaring-jaring makanan.
  5. Allah swt menciptakan angin yang juga merupakan tanda kebesaran Allah swt. Adanya angin membuat orang bisa berlayar ke laut. Angin juga bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dan lain sebagainya.
  6. Air yang turun dari langit (hujan) dapat menghidupkan bumi yang kering (tanah yang tandus karena kekeringan), dan dengan adanya air tumbuh-tumbuhan dapat hidup dengan subur. Ini juga simbol bahwa iman dapat menghidupkan jiwa/hati yang keras. Jiwa yang hidup akan menumbuhkan amal kebaikan sebagaimana tanah yang subur yang dapat menumbuhkan bermacam-macam tumbuhan.
  7. Semua dari point 1 - 6 terdapat tanda-tanda kebesaran Allah swt. Jadi kita harus merenungkan dan berfikir tentang kejadian-kejadian alam dan apa yang kita temukan di bumi maupun alam semesta ini. Sehingga membuat kita sadar, bahwa semua itu adalah atas kehendak dan kebesaran Allah swt, yang dengan itu dapat mempertebal iman kita kepada Allah swt.
Demikian artikel tentang isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 164, baca juga artikel sebelumnya tentang Tajwid dan Isi kandungan Q.S. Yunus ayat 101 tentang Memperhatikan Kebesaran Allah

Load disqus comments

0 comments