Teori Tiga Kebutuhan Mccelland

Teori tiga kebutuhan ini disusulkan oleh David Mc Clelland bersama rekan-rekannya, mereka menyebutkan bahwa dalam pekerjaan terdapat motivator utama yaitu tiga kebutuhan yang didapatkan oleh seorang karyawan. Apa sajakah ketiga kebutuhan tersebut, berikut adalah teori tiga kebutuhan MC Clelland :
  1. Kebutuhan akan prestasi (nAch = Need Achievement)
  2. Kebutuhan akan kekuasaan (nPow = Need Power)
  3. Kebutuhan akan afilliasi (nAfi = Need Afiliasi)
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing kebutuhan :
Memotivasi Karyawan
Memotivasi Karyawan

1. Kebutuhan akan prestasi

Merupakan pendorong untuk sukses dan unggul dalam kaitannya dengan serangkaian standar. Maksudnya adalah seorang karyawan dalam pekerjaannya, memiliki motivasi agar beprestasi, pendorong agar sukses dan unggul ini akan membuatnya lebih giat dan semangat dalam bekerja. Orang yang mempunyai n-ACC yang tinggi akan membuat seseorang karyawan bekerja lebih baik dan tidak mempengaruhi pekerjaan orang lain. Seseorang yang mempunyai n-Acc yang tinggi cocok sebagai wirausaha, atau sebagai pemimpin yang mengatur unit bebas dalam suatu perusahaan besar. Kebutuhan akan prestasi ini akan membuat seseorang termotivasi untuk bersaing dan menantang pekerjaan, mereka cari peluang yang ada. Prestasi yang baik langsung berkaitan dengan kinerja karyawan yang tinggi.

2. Kebutuhan akan kekuasaan (nPow)

Maksud dari kebutuhan akan kekuasaan adalah seseorang memiliki motivasi untuk mendapatkan kekuasaan, menjadi berpengaruh dan mengendalikan sebagai jabatan tertentu. Mereka yang termotivasi akan kekuasaan, memiliki pandangan dan ide-ide yang harus mendominasi dan ia termotivasi untuk memimpin demi reputasi dan harga dirinya. Seseorang yang memiliki motivasi akan kekuasan (n-Pow) lebih besar akan menjadi manajer yang lebih baik apabila dibandingkan dengan manajer yang memiliki kebutuhan akan kekuasaan yang seadanya saja. Mereka akan menjadi manajer yang sukses, tekun dan setiap pada perusahaan tempat mereka bekerja.

3. Kebutuhan akan affiliasi/hubungan (n-Aff)

Seseorang yang memiliki motivasi akan hubungan atau affilisia memiliki dorongan untuk lingkungan yang ramah dan mendukung. Ia akan memiliki kinerja yang baik apabila ia bekerja dalam suatu tim. Orang yang seperti ini, biasanya kurang baik apabila ditempatkan sebagai pemimpin. Seorang manajer apabila memiliki kebutuhan akan affiliasi yang tinggi maka hasilnya akan kurang baik, hal ini karena keputusannya terhambat karena mereka lebih memilih untuk diterima dan disukai oleh orang lain, buka untuk perusahaan yang dipimpinnya. 

Orang yang memiliki kebutuhan kekuasaan (n-Pow) yang tinggi dan kebutuhan akan affiliasi rendah (n-Aff) akan memiliki kemampuan manajerial yang baik. Orang yang memiliki kebutuhan akan kekuasaan (n-Pow) yang tinggi menandakan bahwa dia adalah seseorang yang tertarik dengan kepemimpinan.

Load disqus comments

0 comments