Definisi Akuntansi Dipandang dari Sudut Pemakai

Sebelumnya kita punya sudah membahas mengenai definisi akuntansi beserta macam-macamnya. Namun dalam postingan tersebut belum lengkap, karena belum disertai dengan definisi akuntansi bila dilihat dari dua sudut yang berbeda yaitu sudut pemakai dan proses kegiatan. Oke langsung saja berikut adalah penjelasan singkatnya :

Definisi Akuntansi Dipandang dari Sudut Pemakai

Akuntansi bila dilihat dari sudut pemakai memiliki definisi sebagai suatu disiplin yang memberikan atau menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh suatu entitas.
Akuntansi
Akuntansi


Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian diatas, bahwa akuntansi akan menyediakan informasi. Informasi yang dilaporkan ini dibutuhkan untuk :
  1. Membuat perencanaan yang efektif, pengawasan, pengambilan keputusan oleh manajemen.
  2. Pertangungjawaban entitias kepada para investor, kreditur, badan pemerintah dan sebagainya.
Akuntansi dilakukan dalam suatu entitas, entitas yang dimaksud bisa berupa organisasi bisnis atau organisasi nirlaba. Organisasi disini bisa dikatan sebagai perusahaan atau badan usaha. Informasi akuntansi yang dihasilkan adalah informasi tentang entitas.

Informasi akuntansi sangat diperlukan dan penting ada dalam sebuah entitas bisnis/perusahaan. Informasi ini juga berperan penting dalam menyelenggarakan kegiatan suatu perusahaan. Informasi nantinya akan diteliti dan di analisa oleh manajer untuk bahan awal mengambil keputusan intern organisasi, dan juga untuk mengambil keputusan pihak yang berada di luar organisasi (ekstern) seperti para investor dan kreditor.

Investor adalah orang-orang yang yang menanamkan uangnya di dalam perusahaan untuk mendapatkan laba, sedangkan kreditur merupakan orang yang memberikan pinjaman (utang) kepada perusahan atau pihak-pihak lainnya.


Load disqus comments

0 comments