Pengertian Biaya Tenaga Kerja

Pengertian biaya tenaga kerja - Sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu definisi dari tenaga kerja. Tenaga kerja adalah usaha fisik atau mental yang dipakai dalam kegiatan usaha perusahaan. Nah, maka definisi dari biaya tenaga kerja adalah nilai jasa (sdm = sumber daya manusia) dalam satuan uang, yang dikorbankan dalam usaha memperoleh penghasilan. Tenaga kerja dan kaitannya dengan biaya yang ditimbulkan dapat digolongkan sebagai berikut.

A. Menurut fungsi pokok dalam organisasi perusahaan

Penggolongan tenaga kerja sesuai dengan fungsi pokok dalam organisasi perusahaan, yaitu :
1. Tenaga kerja bagian produksi, adalah jenis tenaga kerja yang secara langsung ataupun tidak langsung terlibat dalam proses pembuatan produk. Gaji atau upah yang dibayarkan kepada tenaga kerja bagian produksi, dibebankan pada produk (menjadi unsur harga pokok produksi). 

2. Tenaga kerja bagian pemasaran, adalah tenaga kerja ang berhubungan dengan usaha memperoleh dan melayani pesanan. Gaji atau upah yang dibayarkan kepada tenaga kerja bagian pemasaran tidak menjadi unsur harga pokok produk, tetapi dibebankan pada periode saat terjadinya biaya tenaga kerja yang bersangkutan. 

3. Tenaga kerja bagian administrasi dan umum, terdiri atas tenaga kerja yang jasanya dinikmati oleh perusahaan secara keseluruhan. Misalnya, direksi, karyawan bagian administrasi umum, karyawan bagian akuntansi. Biaya tenaga kerja bagian administrasi dan umum dibebankan pada periode ssaat terjadinya biaya yang bersangkutan.
Pengertian Biaya Tenaga Kerja
Pengertian Biaya Tenaga Kerja

B. Menurut hubungannya dengan produk

Berikut ini penggolongan tenaga kerja dalam hubungannya dengan produk yang dibuat :
1. Tebaga kerja langsung adalah tenaga kerja yang secara fisik langsung terlihat dengan pembuatan produk. Biaya yang timbul karenanya dapat ditelusuri (dihitung) melekatnya pada produk, merupakan biaya utama dalam pembuatan produk. Misalnya pegawai perakitan pada pabrik mobil, operator mesin rajut pada pabrik tekstil. 

2. Tenaga kerja tidak langsung adalah tenaga kerja yang terkait dengan produk tetapi tidak secara langsung terlibat dalam pembuatan produk. Biaya yang terjadi tidak dapat atau terlalu rumit ditelusuri melekatnya pada produk, karena itu diperlakukan sebagai biaya overhead pabrik. Termasuk golongan tenaga kerja tidak langsung antara lain pengawas (mandor) produksi dan pemeriksa kualitas produk.

Load disqus comments

0 comments