Pengertian Biaya Bahan Baku dan Harga Pokok Bahan Baku

Pengertian Biaya Bahan Baku - Sebelumnya sudah kita bahas mengenaik biaya produksi, yang memiliki pengertian yaitu biaya yang berhubungan dengan proses pengolahan bahan baku menjadi produk siap jual. Biaya produksi ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan juga biaya overhead (pabrik).

Nah, pada kesempatan ini kitapunya akan share sedikit mengenai pengertian atau definisi biaya bahan baku. Secara umum bahan baku memiliki pengertian bahan yang membentuk satu kesatuan yang tak terpisahkan dari produk jadi. Bahan baku merupakan unsur dasar yang diolah dalam proses produksi. Seperti kayu dalam pembuatan meja/kursi, kapas dalam proses pembuatan benang dan lain sebagainya.

Nah dari situ bisa kita kembangkan tentang biaya bahan baku, berikut adalah definisinya :
Pengertian biaya bahan baku adalah harga pokok bahan baku yang dikorban dalam proses produksi untuk memperoleh produk yang siap dijual.
Pengertian Biaya Bahan Baku
Pengertian Biaya Bahan Baku

Harga pokok bahan baku

Harga pokok bahan baku, meliputi seluruh biaya yang secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan usaha memperolehnya pada tempat dan keadaan siap untuk diolah. Harga pokok bahan meliputi :
a. harga faktur
b. biaya angkutan
c. biaya-biaya lain yang berhubungan dengan usah memperolehnya, seperti biaya pemesanan, biaya penerimaan, biaya penggudangan, biaya asuransi, dan sebagainya.

Dimaksud dengan harga faktur adalah harga pertukaran yang tercantum dalam faktur, sebelum ditambah PPN. Adapun potongan tunai yang diterima karena pembayaran tunai, diperlakukan sebagai pengurang harga pokok bahan baku yang dibeli.

Dalam praktik sering ditemukan kesulitan dalam mengalokisakan biaya angkutan, jika bahan baku yang dibeli lebih dari sejenis. 
Load disqus comments

0 comments