Definisi Akuntansi dan Macam macam Bidangi Akuntansi

Pengertian Akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi - Seminggu lagi udah dimulai kegiatan perkuliahan, untuk mengawalinya saya ingin berbagi sedikit tentang akuntansi karena salah satu mata kuliah yang akan saya pelajari ada pengantar akuntansi.

Akuntansi memiliki peran yang sangat penting dalam sistem ekonomi kita. Kebijakan atau keputusan yang dilakukan oleh pemerintah, perusahaan, atau individu dan yang lainnya dapat tepat karena mengandalkan informasi yang diperoleh dari akuntansi. Maka dari itu akuntansi diperuntukan untuk mencatat, megikhtisarkan, melaporkan serta mengintreprestasikan data ekonomi oleh banyak kelompok dalam sistem ekonomi sosial.

Definisi Akuntansi

Definisi Akuntansi
Definisi Akuntansi

Apabila dilihat dari segi bahasa, akuntansi dalam bahasa inggris yaitu accounting yang asal katanya adalah to account. To account memiliki arti menghitung. Kemudian, istilah ini diterjemahkan dalam ke dalam bahasa kita (bhs Indonesia) menjadi "akun" ataupun "perkiraan"

Pengertian akuntansi menurut ahli yang bernama Warren Reeve F adalah suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak-pihak berkepentigan mengenai kegiatan ekoomi dan kondisi suatu perusahaan.

Berdasarkan yang dikutip dalam wikipedia indonesia, definisi akuntansi adalah pengukuran, penjabaran atau pemberian kepastian tentang informasi-informasi yang bisa membantu seorang manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan yang lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan yang tepat dalam pemerintah, suatu perusahaan atau organisasi tertentu.

Dapat juga dikatakan, bahwa definisi akuntansi adalaha suatu seni pencatatan, pengelompokan dan pengikhtisaran segala transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan yang selanjutnya ditafsirkan hasil dari proses tersebut. 

Tujuan dari adanya akuntansi adalah untuk menyiapkan laporan keuangan yang tepat dan akurat, laporan ini selanjutnya digunakan oleh manajer, pengambil kebijakan dan pihak terkait laiinnya seperti pemilik saham, kreditur dll untuk mengambil keputusan untuk kebaikan perusahaan yang dimilikinya atau bisnisnya. Pembukuan, itulah sebutan untuk proses pencatatan yang dilakukan setiap harinya oleh seorang akuntan.

Salah satu cabang dari akuntasi adalah akuntansi keuangan, dalam akuntansi ini informasi keuangan pada suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, serta dikomunikasikan. Auditing, merupakan suatu cabang ilmu yang berhubungan (terkait) namun tetap terpisah (berbeda) dari akuntansi.

Praktisi akuntansi atau orang yang pekerjaannya mengurusi masalah akuntansi (pencatatan dst) disebut dengan akuntan. Di beberapa negara, akuntan ada yang bersertifikat resmi. Tentunya di setiap negara berbeda-beda.


Mancam-macam Bidang Akuntansi 

Ada beberapa bidang dalam akuntansi, yang mana masing masing bidang tersebut menangani hal hal yang khusus yang berhubungan dengan akuntansi. Bidang bidang akuntansi antara lain ada akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi pemeriksaan. Dan berikut adalah penjelasan singkat tentang bidang-bidang akuntansi tersebut.

1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
Financial Accounting adalah bidang akuntansi yang memiliki fungsi pokok untuk mencatat transaksi-transaksi usaha dan menyiapkan laporan-laporan tersebut secara berkala atas usaha tersebut, dalam bidang ini teknik dan prinsip akuntansi.

2. Management Accounting (Akuntansi Manajemen)
Akuntansi manajemen yaitu suatu bidang akuntansi yang memiliki fungsi untuk menyiapkan data historis maupun taksiran (estimated) untuk membantu pekerjaan manajemen sehari-hari dan juga untuk merencanakan operasi perusahaan seperti misalnya financial planning untuk melakukan marketing dsb. 

3. Akuntansi Biaya ( Cost Accounting)
4. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)
5. Akuntansi Perpajakan (Taxation)
6. Akuntansi Pemerintahan ( Governmental Accounting)
7. Akuntansi Anggaran (Budgeting) 
8. Sistem Akuntansi (Accounting System) 
9. Akuntansi Sosial (Social Accounting)

Untuk bidang akuntansi no 3 sampai 9 penjelasannya menyusul ya.. Nah, demikian saja artikel yang berjudul Definisi Akuntansi dan Macam macam bidang akuntansi. Terimakasih. 

Load disqus comments

0 comments