Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Media Massa

Selamat pagi cantik.. Kali ini kitapunya.net akan meneruskan postingan sebelumnya yang membahas tentang pers lebih detailnya tentang kebebasan media massa (pers). Judul yang kami pakai pada kali ini adalah dampak penyalahgunaan kebebasan media massa. Oke, berikut ini adalah penjelasan nya !!!

Media massa yang disalah gunakan oleh pihak pihak tetentu dapat berdampak negatif bagi kehidupan masyarakat. Dampak buruk atau dampak negatif tersetbut dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu dampak secara intern (dalam) dan dampak secara ekstern (luar).

Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Media Massa

a. Secara intern
1). Pers tidak obyektif, menyampaikan berita bohong atau yang tidak benar, yang pada akhirnya menghebohkan di kalangan masyarakat. Intinya akan merugikan masyarakat. Bila masyarakat sering mendapat berita bohong dari media tertentu, maka lama kelamaan media yang menyampaikan berita bohong tersebut akan ditinggalkan oleh pembacanya (masyarakat)>

2). Masyarakat yang belum siap untuk menggunakan hak jawab akan menimbulkan kejengkelan pihak pihak yang merasa dirugikan oleh pemberitaan pers akan melakukan tindakan yang anarkhis.

b. Secara ekstern
Secara elstern dampak penyalahgunaan kebebasan media massa antara lain :
1). Mempercepat kerusakan akhlak dan moral bangsa
2). Menimbulkan ketegangan bisa juga kekhawatiran dalam masyarakat
3). Menimbulkan sikap antipati terhadap pers
4). Menimbulkan sikap saling curiga dan bahkan bisa menimbulkan perpecahan dalam masyarakat
5). Mempersulit dalam mendamaikan kembali kelompok masyarakat yang sedang terjadi konflik

Secara umum penyalahgunaan media massa dalam hal ini menyangkut penyampaian informasi yang salah berdampak luas dalam kehidupan pribadi, masyarakat, Bangsa dan Negara. Dan berikut kami jelaskan satu persatu.

Media Pers
Media Pers


a. Bagi kepentingan pribadi
Seseorang (pribadi) yang menggunakan pers dengan sebaik-baiknya tanpa ada penyalahgunaan maka bisa membuat seseorang tersebut mendapat citra positif dari masyarakat, namun sebaliknya bila seseorang menyalahgunakan media massa maka dapat menghancurkan citra dirinya (reputasinya), dan masyarakat pun akan sulit untuk kembali percaya seperti yang sebelumnya.

b. Bagi kepentingan masyarakat
Pemberitaan melalui pers yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dapat menimbulkan kesan yang berbeda-beda dalam masyarakat. Masyarakat yang mendapatkan berita bohong tersebut bisa jadi menimbulkan keresahan, kekhawatiran ataupun kebingungan terkait suatu berita. Namun kadangkala berita bohong tersebut memang disengaja, dan diulang-ulang untuk mempengaruhi masyarakat. Salah satu yang sering terjadi adalah pada saat pemilu, banyak isu isu atau berita yang tidak sesuai kenyataan, yang tujuannya adalah agar masyarakat percaya pada salah satu pihak, dan berfikir negatif pada lawannya. 


c. Bagi kepentingan bangsa dan negara
Selain berdampak pada pribadi dan masyarakat, kebebasan pers yang disalah gunakan atau tidak bertanggung jawab juga dapat merugikan kepentingan bangsa dan negara. Hal ini terjadi jika berita yang disampaikan oleh media massa merupakan tulisan yang tidak berdasarkan fakta yang benar dan kurang mempertimbangkan kepentingan nasional. Bisa juga berita yang mempengaruhi masyarakat agar mempunyai pandangan negatif terhadap pemerintah. Nah, lebih jelasnya perhatikan point point berikut ini : 

Hal ini akan menimbulkan dampak sebagai berikut :
1). Tingkat kepercayaan terhadap pemerintah berkurang, karena ada berita bohong yang tidak sesuai atau berita yang menyesatkan bisa jadi membuat masyarakat bersikap apatis dan acuh tak acuh terhadap program pemerintah. Akibatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan menurun.
2). Kepercayaan luar negeri luntur
Kepercayaan negara lain terhadap suatu negara yang berkurang akan berakibatnya minat kerja sama dengan negara lain tersebut. Apa lagi jika sudah tidak ada lagi kepercayaan negara lain terhadap negara kita jauhlah harga diri Indonesia sebagai bangsa. Akibat lebih lanjut adalah negara kita akan mengalami kesulitan dalam bekerja sama dengan dunia internasional dan pembangunan ekonomi akan mengalami hambatan.
3). Akan menimbulkan gesekan hubungan antara pers dengan institusi tertentu. Bisa juga timbul suatu konflik. Hal ini akan membuat renggangnya hubungan antara instansi dengan pers karena adanya pemberitaan yang tidak seimbang.  

Selain dampak diatas, dampak penyalahgunaan media massa yang saat ini terjadi dalam masyarakat Indonesia adalah :
1. Ada kecenderungan perliaku negatif mudah terbentuk dalam diri seseorang dibandingkan perilaku positif. Misalnya, dorongan menjadi konsumerisme (boros) akibat menonton atau membaca iklan di media massa lebih kuat dibandingkan dorongan untuk menjadi produktif. Contoh lain inspirasi dan mengembangkan kreatifitas, ketika seseorang membaca media cetak atau melihat tayangan televisi.
2. Adanya penayangan film, pemberitaan/foto/cover dalam media massa yang menjurus pada pornografi dan jurnalistik premanisme. Hal ini dapat berdampak negatif bagi pembaca atau pemirsanya, terutama bagi mereka yang kurang dapat mengendalikan diri.

Jika terdapat suatu kekeliruan atau penyalahgunaan kebebasan pers yang berkaitan dengan pemberitaan suatu media massa antara seseorang atau badan hukum dengan media massa yang bersangkutan, diberikan kesempatan sesuai dengan aturan Undang-undang untuk menggunakan hak jawab dan hak tolak dalam mengajukan keberatan serta penolakan atas pemberitaan tersebut.

a. Hak jawab atas suatu berita
Definisi dari hak jawab yaitu hak yang dimiliki oleh seseorang atau badan hukum yang merasa dirugikan oleh tulisan pada sebuah atau beberapa penerbitan. Hak jawab itu ditujukan kepada media yang memuat berita yang merugikan seseorang agar memuat bantahan dari mereka yang dirugikan. Dengan kesadarannya sendiri wartawan Indonesia secepatnya mencabut atau meralat setiap pemberitaan yang kemudian ternyata tidak akurat dan memberi kesempatan hak jawab serta proporsional kepada sumber atau objek berita.

b. Hak tolak
Hak tolak sering disebut juga hak ingkar wartawan. Wartawan yang karena pekerjaanmu mempunyai kewajiban menyimpan rahasia, dalam hal itu nama, jabatan, alamat, atau identitas lainnya dari orang yang menjadi sumber informasinya. Hak tolak tidak berlaku dalam kaitannya dengan hal hal yang membahayakan kepentingan negara. Artinya, wartawan atau orang yang berprofesi lain dapat diminta keterangan dalam hal tertentu dan harus memberitahukannya apabila hal itu menyangkut kepentingan negara.

Load disqus comments

0 comments