pengertian tertib sosial

Pengertian Tertib Sosial (Social Order)

Diposting pada 8,547 views

Pengertian Tertib Sosial (Social Order) adalah suatu kondisi yang mana anggota masyarakat yang berada di dalamnya berperilaku sesuai dengan status dan perannya dalam masyarakat dengan kata lain semua masyarakat tertib menjalankan peran dan tugasnya di dalam masyarakat.

Tertib sosial meruapakan salah satu usaha dalam menciptakan keteraturan di dalam suatu masyarakat tertentu.  

Nah, untuk sekalian saja kita bahas tentang cara untuk menciptakan keteraturan dalam masyarakat selain dari tertib sosial. Apa sajakah cara atau usahanya? Berikut ini kami sebutkan secara singkat :  

1. Tertib sosial

2. Order, definisi dari order adalah suatu sistem atau suatu tatanan nilai dan norma sosial yang diakui, dipatuhi oleh warga masyarakat.

3. Keajega, pengertiannya yaitu sesuatu yang telah, sedang dan akan dilaksanakan sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

4. Pola, definisinya yaitu berkaitan dengan bentuk interaksi sosial sebagai pencerminan dari suatu keijakan yang telah di terima oleh semua pihak.

Baca juga : Kebijakan Daendels di Berbagai Bidang Pertahanan, Keamanan, Politik, Peradilan, Sosial dan Ekonomi  

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.