Pengertian, Konsep dan Manajemen Pemasaran

Alhamdulillah, tahun ini saya diterima di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan prodi D III Pemasaran, Nah, untuk memulainya maka saya akan membahas tentang pemasaran sebagai langkah awal dalam belajar. Kita mulai dari pengertian pemasaran, sebelumnya juga sudah saya bahas secara singkat dalam artikel  yang berjudul definisi pemasaran (marketing). Oke langsung saja, berikut adalah penjelasan secara singkat :

A. Pengertian Pemasaran

Pengertian, Konsep dan Manajemen Pemasaran
Pengertian, Konsep dan Manajemen Pemasaran
Pemasaran memiliki beberapa pengertian menurut beberapa ahli, dan berikut adalah pengertiann pemasaran yang dikemukakan oleh beberapa ahli :

a. Pengertian pemasaran menurut Philip Kotler dan Amstrong yaitu suatu proses sosial dan managerial yang akan membuat seseorang (individu) ataupun kelompok mendapatkan apa yang mereka inginkan ataupun yang mereka butuhkan melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai yang dilakukan dengan orang lain (baik individu atau kelompok).

b. Pengertian pemasaran atau marketing berdasarkan pendapat Philip Koler adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh manusian yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui suatu proses yang bernama pertukaran (tukar menukar).

c. Pemasaran menurut W Stanton adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistriusikan barang dan jasa sehingga dapata memenuhi kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

d. Pengertian pemasaran secara umum yaitu suatu sistem total dari kegiatan bisnis ataupun usaha yang dibuat untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memberikan kepuasan / memenuhi kebutuhan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan tertentu perusahaan.

Anda bisa membaca artikel yang lebih lengkap lagi tentang definisi pemasaran,

B. Konsep Pemasaran

Pemasaran memiliki beberapa konsep inti atau utama, diantaranya ada konsep keinginan, konsep kebutuhan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan juga kepuasan, pertukaran, transakasi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Mungkin lain kali akan kami jelaskan satu persatu dari konsep pemasaran yang telah kami sebutkan di atas. Konsep pemasaran menyebutkan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

C. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran tersusun dari dua buah kata, kata yang pertama adalah manajemen, dan yang kedua adalah pemasaran. Definisi pemasaran dapat anda lihat di bagian atas artikel ini, sudah dijelaskan pengertiannya menurut beberapa ahli. 

Sedangakan manajemen memiliki pengertian yaitu suatu proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.

Dari kedua pengertian di atas, manajemen pemasaran memiliki pengertian yaitu sebagai analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan suatu organisasi atau perusahaan. 

Sedangkan secara umum manajemen pemasaran dapat diartikan sebagai suatu usaha/kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibua, semua itu dilakukan semata-mata untuk mendapatkan tempat dipasar segingga tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai dengan baik.

Load disqus comments

0 comments