Akibat Kelonggaran Pemerintah Orde Baru terhadap Masuknya Budaya Asing

Akibat Kelonggaran Pemerintah Orde Baru terhadap Masuknya Budaya Asing - Pada malam hari ni kami admin kitapunya.net ingin share tentang sejarah dari negara kita, yaitu tentang Orde Baru.1966 - 1998. Orde baru merupakan masa pemerintahan Presiden Soeharto yaitu dari tahun 1966 sampai dengan 1998. Orde baru merupakan masa setelah orde lama atau setelah pemerintahan Presiden Soekarno. 


Kami juga sudah membahas tentang orde baru ini, judul artikelnya adalah Sistem Pemerintahan Indonesia pada Masa Orde Baru. Oke kembali ke topik pembahasan utama kita pada malam ini, apa sajakah akibat dari kelonggaran pemeritntah orde baru terhadap masuknya budaya asing yaitu :

Sistem Pemerintahan Indonesia Masa Orde Baru (1966 - 1998)
Sistem Pemerintahan Indonesia Masa Orde Baru (1966 - 1998)


1. Penurunan apresiasi masyarakat terhadap budaya nasional. Masyarakat lebih tertarik dengan budaya asing yang lebih praktis.

2. Berkembangnya kebudayaan kontemporer dan popular. Kebudayaan tradisional yang sarat cerita dan estetika semakin ditinggalkan oleh masyarakat terutama kalangan generasi muda.
3. Budayawan sulit mengembangkan budaya tradisional. Hal ini disebabkan oleh animo generasi muda terhadap kebudayaan tradisional semakin berkurang.
4. Masyarakat cenderung menjadi konsumen kebudayaan asing. Hal ini terlihat dari maraknya budaya asing terutama lagu-lagu dari barat dan amerika latin yang membanjiri industri musik dalam negri. Maka berkembang pesar musik Rock, Jazz, dan lain sebagainya.

Pada zaman pemerintahan Presiden Soeharto musik pop romantis yang sarat dengan lagu2 cinta ini dilarang beredar di Indonesia. Hal ini disebabkan karena pemerintah pada saat itu menganggap bahwa musik bergenre pop romantis tersebut merupakan budaya yang kurang baik bagi Indonesia, tidak membangnun semangat nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia. Bukti pelarangan musik bergenre ini adalah Band Koes Bersaudara pernah dijebloskan penjara oleh rezim orde baru.

Namun lama kelamaan musik bergenre pop romantis beredar dengan luas, dan peminatnya sangat banyak di Indonesia. Dan pada akhirnya larangan tersebut sudah tidak berlaku lagi..
Load disqus comments

0 comments