Yang Dimaksud Dengan Kebudayaan Bersifat Superorganik

Diposting pada 12,479 views

Kebudayaan memiliki definisi yang banyak, namun secara umum kebudayaan dapat diartikan sebagai suatu sitem ide, gagasan dari manusia yang memiliki tujuan untuk membantu dalam kehidupan manusia.

Sebelumnya juga sudah kami jelaskan dalam artikel khusus didalam blog ini, artikel tersebut berjudul : Pengertian Budaya Lokal dan Budaya Nasional.  

Kebudayaan mempunyai beberpa karakteristik, salahsatunya adalah superorganik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.  

Yang Dimaksud Dengan Kebudayaan Bersifat Superorganik

Sebelumnya kiita tahu terlebih dahulu semua karakteristik dari kebudayaan :

Karakteristik Kebudaaan

a. Kebudayaan adalah milik bersama suatu masyarakat

b. Kebudayaan merupakan hasil belajar

c. Kebudayaan memiliki simbol/lambang

d. Kebudayaan terintegrasi

e. Kebudayaan bersifat superorganik.  

Arti dari kebudayaan bersifat superoganik adalah kebudayaan tetap hidup eskipun individu pendukungnya silih berganti karena kelahiran dan kematian (regenerasi), dapat juga diartikan kebudayaan bersifat superorganik artinya kebudayaan tersebut dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui proses belajar dan sosialisasi. 

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.