Tiga Macam Bentuk Kerajaan di Indonesia berdasarkan sumber ekonomi

Pada masa lalu Indonesia terdiri dari banyak kerajaan, diantara kerajaan kerajaan tersebut ada kerajaan yang berbasis agama seperti kerajaan hindu ataupun kerajaan Islam. Contoh contoh kerajaan antara lain Mataram, Malaka, Sriwijaya, Samudra Pasai, dan masih banyak lagi. Yang tentunya kerajaan-kerajaan tersebut berada di masa kejayaan yang tidak sama.

Dari berbagai macam kerajaan yang ada di Indonesia, kita dapat mengelompokkan menjadi 3 bentuk yaitu kerajaan maritim, bandar transito dan agraris. Apa pengertian dari ketiga bentuk kerajaan yang telah saya sebutkan tersebut, dan apa saja contoh kerajaannya. Berikut kami paparkan secara singkat dan jelas.

Di bawah ini adalah gambar dari masjid Demak ang merupakan salah satu peninggalan kerajaan Demak yang merupakan salah satu Kerjaan Islam yang ada di Indonesia. Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas tentang Penyebab Runtuhnya Kerajaan Demak.

Kerajaan Demak
Kerajaan Demak


1. Kerajaan Maritim
Definisi dari kerajaan maritim adalah kerajaan yang mengandalkan perdagangan dan pelayaran dalam menopang ekonomi kerajaan.
Contoh kerajaan yang termasuk kerajaan maritim adalah Kerajaan Sriwiijaya dan kerajaan kerajaan Islam di Indonesia.

Sekadar Info : Kerajaan Sriwijaya dapat dikatakan sebaga kerajaan maritim karena kerajaan tersebut mengendalikan perdagangan dan pelayaran di semenanjung Malaya, Selat Malaka, dan Selat Sunda. Bahkan sirwijaya mampu menguasai wilaya Tanah Genting Kra di Thailand

2. Bandar Transito 
Pengertian dari bandar transito adalah suatu kerajaan yang mengandalkan ekonominya dari kapal-kapal yang bersandar di pelabuhannya. Contoh : Kerajaan Malaka

3. Kerajaan Agraris 
Yaitu kerjaan yang mengandalkan ekonominya pada sektor pertanian/
Contoh : Kerajaan Mataram di Jawa Tengah.


Load disqus comments

0 comments