Pengertian Transitional Change

Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial yang asalnya dari dalam atau bukan dari luar adalah transitional change, definisi atau pengertian dari transitional change ini adalah suatu perubahan dalam masa-masa transisi/peralihan dari suatu orde pemerintahan ke orde berikutnya yang tidak jarang menimbulkan pertumpahan darah dan perubahan dalam struktur kekuasaan.

Berdasarkan pendapat seorang ahli yang bernama J.P. Gillin dan J.L. Gillin perubahan sosial merupakan variasi tentang cara-cara hidup yang diterima masyarakat karena ada perubahan di bidang geografi (wilayah), inovasi, difusi dan ideologi.

Lalu apa sajakah faktor faktor penyebab perubahan sosial yang berasal dari dalam, berikut ini kami sebutkan secara singkat, yang jumlahnya ada setidaknya 4 macam faktor :


  1.  Peristiwa revolusi : definisinya yaitu suatu perubahan yang biasanya berlangsung cepat dan dapat mengubah sendi-sendi pokok masyarakat
  2. Perubahan jumlah penduduk : perubahan ini dipengaruhi oleh jumlah dari kelahiran dan kematian. Bila jumlah kelahiran melebihi jumlah kematian setiap tahunnya maka jumlah penduduk dipastikan meningkat, begitu juga sebaliknya.
  3. Adanya penemuan-penemuan baru di semua bidang, 
  4. Adanya pertentangan atau konflik sosial antar kelompok masyarakat dengan kelompok yang lainnya.
Load disqus comments

0 comments