Kegunaan Sosiaologi dalam Masyarakat Multikultural

Dalam sekolah khusunya sekolah menengah ke atas terdapat satu mata pelajaran sosiologi, mata pelajaran yang satu ini memiliki beberapa manfaat khusunya di dalam masyarakat multikulturan. Lalu apa sajakah manfaatnya? Penasaran? Pengen tahu? 

Salah satu manfaat sosiologi dalam masyarakat multikultural yaitu untuk memahami struktur sosial dalam masyarakat yang saling mempengaruhi dan menentukan tingkah laku sosial apa yang paling sesuai atau tepat.

Dalam pelajaran sosiologi pembahasan yang paling dominan adalah tentang masyarakat multikultural. Dalam materi ini para siswa akan diajarkan agar dapat memahami bahwa ada banyak sekali struktur sosial yang saling mempengaruhi dan langkah selanjutnya yang akan dilakukan guna menghadapi adanya banyak struktur sosial yang saling mempengaruhi satu sama lain. 

Tidak hanya itu saja, para siswa juga diajarkan tentang pentingnya pendidikan multikultural untuk menjalani kehidupan di masyarakat. Kemudian ada beberapa sikap yang perlu kita lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kepercayaan dan toleransi terhadap kelompok lain
  • Pengembangan sikap mindfullness
  • Keterbukaan terhadap kelompok lain
Mungkin ini sedikit tentang kegunaan sosiologi dalam maarakat multikultural, semoga bermanfaat untuk anda yang sendang mencari materi ini. 
Load disqus comments

0 comments