Tips Sukses Ujian Nasional 2016 Agar Lulus Ujian

Tips Sukses Ujian Nasional 2016 - Mungkin Anda salah satu siswa yang merasakan kekhawatiran karena sebentar lagi akan menghadapi ujian nasional. Dimana hari itu menjadi penentuan terbesar setelah tiga tahun berada dijenjang sekolah baik SMP maupun SMA. Tidak perlu cemas untuk menghadapi ujian nasional 2016, karena jika Anda sudah mempersiapkan matang-matang dari sekarang, itu artinya Anda sudah dibekali ilmu dan mental dalam menghadapi ujian nasional beberapa bulan yang akan datang. Disini akan kami sajakan tips sukses ujian nasional 2016 yang bisa Anda pelajari! 

Sukseskan Ujian Nasional 2016! 

Tips Sukses Ujian Nasional 2016 Agar Lulus Ujian
Tips Sukses Ujian Nasional 2016 Agar Lulus Ujian

Mungkin beberapa dari kalian masih cemas dan khawatir untuk menghadapi ujian besar sekolah yang nantinya akan menjadi ujian akhir penentuan. Ok, jangan cemas, karena jika Anda terlalu cemas dan khawatir, justru akan mengganggu konstrasi belajar dan mempengaruh mental Anda dalam belajar. 

Ujian nasional 2016 yang akan diadakan di tahun ini memang disetting berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena materi ujian nasional memadukan antara kurikum 2013 dengan kurikulum 2006, sehingga mungkin akan terasa berbeda jika Anda mempelajari soal-soal ujian di tahun 2015 atau sebelumnya. 

Tapi Anda jangan khawatir, karena soal-soal ujian nasional 2016 hanya mereview materi yang pernah dipelajari di sekolah baik dari kelas 1 sampai kelas 3, tugas Anda hanya belajar dan merivew soal-soal di tahun sebelumnya. 

Selain itu, format kisi-kisi ujian nasional dibuat berbeda dari tahun sebelumnya, karena format kisi-kisi 2016 lebih menekankan pada aspek kognitif, untuk kisi-kisi soal ujian nasional 2016 sudah dipublikasikan oleh pemerintah atau kemendikbud. Jadi silahkan Anda download kisi-kisi dari sekarang! 

Ok, langsung saja menuju tips sukses UN yang pertama, yaitu niatkan dari sekarang untuk mulai mendownload kisi-kisi dari pemerintah yang sudah dipublikasikan, dan carilah soal-soal atau materi yang berkaitan dengan kisi-kisi atau kurikulum 2013 dan 2006. 

Anda sebaiknya curi start dari sekarang agar nantinya tidak terkesan belajar mendadak, karena belajar ekstra di hari mendekati ujian nasional tidak akan efektif, dan membuat Anda tegang sehingga apa yang Anda pelajari tidak bisa masuk di dalam otak secara maksimal, sehingga gunakan waktu jauh-jauh dari sekarang untuk mulai mengumpulkan beberapa soal-soal ujian nasional dari tahun lalu dan Anda pelajari pelan-pelan. 

Tips selanjutnya, tingkatkan kualitas ibadah Anda mulai dari sekarang dan seterusnya, karena kualitas spiritual sangat mempengaruhi mental Anda, sehingga hati Anda akan tenang dan tidak grogi dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Banyaklah berdoa untuk kesuksesan ujian nasional nanti serta di imbangi dengan usaha yang maksimal, karena doa tanpa usaha juga tidak ada artinya. 

Semakin Anda banyak berdoa dan beribadah, semakin Anda tenang, dan siap, karena doa sangatlah penting. Tidak lupa juga untuk meminta doa pada orang tua dan sodara-sodara Anda, semakin banyak orang yang mendoakan Anda, pastinya akan mendapatkan hasil yang sempurna. 

Ok, selanjutnya Anda perlu memperbanyak relasi pertemanan Anda terutama dengan orang-orang yang berpengalaman yaitu senior Anda, karena dari situ Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang tips sukses un yang sukses mereka terapkan, sehingga Anda bisa mengambil dari pengalaman sukses mereka, dan Anda terapkan. 

Mudah bukan? Ujian nasional bukanlah momok mengerikan yang membuat para siswa ketakutan, tapi justru disinilah seharusnya mereka menunjukkan kualitas belajar mereka selama ini dengan mengerjakan soal-soal yang tidak lepas dari yang pernah mereka pelajari. 
Load disqus comments

0 comments