Penyebab Runtuhnya Kerajaan Demak

Penyebab Runtuhnya Kerajaan Demak - Hari ini saya menemukan soal dalam buku yang dikhususkan untuk belajar SBMPTN tahun 2016, sekalian saya share di blog ini yang mungkin banyak yang mencari tentang penyebab runtuhnya kerajaan Demak. Perhatikan soalnya terlebih dahulu, berikut :

Soal : Penyebab utama keruntuhan Kerajaan Demak pada abad ke 16 adalah ...

Penyebab Runtuhnya Kerajaan Demak
Penyebab Runtuhnya Kerajaan Demak


a. Perang saudara memperebutkan tahta Kerajaan Demak
b. Keajaan Demak dikalahkan oleh Portugis di Malaka
c. Kerajaan Demak dihancurkan oleh pasukan dari Panarukan
d. Perang saudara antara Demak dan Majapahit
e. Tidak ada raja yang pandai dalam mengemudikan pemerintahan

Jawaban : A.

Penjelasan :

Kerajaan Demak runtuh karena adanya perang saudara yang saling menginginkan (memperebutkan) tahta kerajaan. Perebutan ini terjadi setelah meninggalnya Sultan Trenggono. Yang berhak mewarisi tahta kerajaan sebenarnya adalah Pangeran Sedo Lepen, tetapi ia terbunuh di tangan Sunan Prawoto.

Kemudian Sunan Prawoto meninggal, karena dibunuh oleh anak dari Pangeran Sedo Lepen (balas dendam). Anak dari Pangeran Sedo Lepen juga menghabisi anak buah dari Sunan Prawoto. 

Anak Pangeran Sedo Lepen, Aryo Penangsang berebut tahta dengan menantu Sultan Trenggono, Jaka Tingkir, Sutowijoyo (kelak akan menjadi Panembahan Senopati di Mataram. Jaka Tingkir naik tahta dan memiliki gelar Sultan Hadiwijoyo dan kekuasaan dipindah ke Pajang. Demak kemudian ganti status menjadi Kadipaten. 


Kerajaan Demak merupakan salah satu kerajaan Islam di Indonesia. Dan Demak merupakan kerajaan Islam yang pertama, khususnya di wilayah Jawa. Pada awalnya Demak merupakan wilayah kabupaten wilayah majapahit.

Kerajaan Demak pertamakali didirikan oleh Raden Patah (1500 - 1518). Raden Patah menurut bobot Tanah Jawa adalah seorang Putra dari Raja Pahit, yaitu Brawijaya dengan putri dari Champa. 
Load disqus comments

0 comments