Profil dan Biodata Drs. Moh. Hatta Wakil Presiden Pertama di Indonesia

Profil dan Biodata Drs. Moh. Hatta Wakil Presiden Pertama di Indonesia - Menelusuri jejak para pahlawan pada saat zaman perjuangan dulu merupakan hal yang asik untuk dilakukan. Selain kita lebih mengenal dan menghargai jasa para pahlawan, juga dapat meningkatkan rasa semangat nasionalisme atau rasa cinta kita terhadap tanah air semakin kuat.

Dengan membaca sejarah juga akan menambah wawasan kita terhadap sejarah Indonesia, tentunya akan sangat berguna kedepannya. Banyak tokoh-tokoh pahlawan nasional Indonesia yang jasa-jasanya sangat besar sehingga mengantarkan Indonesia ini menjadi negara merdeka seperti Ir. Soekarno, Moh Yamin, Drs. Moh. Hatta, Bung Tomo dan masih banyak lagi.

Anda tahu siapa wakil presiden pertama di Indonesia? Yaa, Drs. Moh Hatta, bapak yang penuh dengan kharisma dan kewibawaannya ini merupakan wakil Presiden yang pertama mendampingi Ir. Soekarno yang juga merupakan presiden pertama di Indonesia.

Drs. Moh. Hatta, siapa yang tidak mengenal, kharisma dan ketenangannya dalam menemani Bung Karno pada masa pemerintahanya menjadikan beliau figure yang lekat dalam sejarah. Banyak sekali hal-hal besar serta ide gagasan beliau yang luar biasa yang masih diingat dan di laksanakan hingga sampai saat ini. banyak dari ide–ide beliau yang menginpirasi jutaan orang hingga saat ini. 

Profil dan Biodata Drs. Moh. Hatta 

Profil dan Biodata Drs. Moh. Hatta
Profil dan Biodata Drs. Moh. Hatta

Sebenarnya Anda dapat mengarungi dan menilik lagi ke belakang banyak sekali hal-hal besar dan visi misi beliau yang menginspirasi generasi muda saat ini. Program-program gagasan beliau yang menjadi cikal bakal terbentuknya berbagai organisasi yang berdiri hingga saat ini merupakan bukti dari karisma serta ide cemerlamg beliau yang tidak pernah lekang akan zaman. Hingga sampai saat ini saat beliau sudah wafat banyak sekali penerusnya yang ingin meneruskan cita-cita beliau demi mewujudkan Indonesia yang sejahtera. 

Untuk mengenang lagi serta memperkenalkan pribadi dari Drs. Moh. Hatta, Anda dapat membaca biografi drs moh hatta singkat ini:  

Tempat tanggal kelahiran : Bukittinggi  
Tanggal Lahir : 12 – 08 - 1902  
Meninggal : 14 Maret 1980  
Dimakamkan : TPU Tanah Kusir, Jakarta  
Nama istri : Rahmi Rachim  
Nama Anak : 

  1. Meutia Hatta, 
  2. Gemala Hatta, 
  3. Halides Nuriah Hatta  
Jenjang Pendidikan : SD Melayu, Fort de kock, di Minangkabau Europeesche Lagere School (ELS) di Padang Meer Uirgebreid Lagere School (MULO) di Padang Sekolah Tinggi Dagang “Prins Hendrik School” di Batavia Nederland Handelshogeschool, di Rotterdam, Belanda  


Nama Orang tua : Ayah - Muhammad Djamil dan Ibu - Siti Saleha  
Penghargaan yan di raih : 

  1.  Pahlawan Nasional 
  2. Proklamator Indonesia 
  3. Bapak Koperasi Indonesia 
  4. Doctor Honoris Causa di Universitas Gadjah Mada UGM) tahun 1965 
  5. The Founding Father's of Indonesia 
Dari biodata Drs Mohammad Hatta diatas dapat Anda semua lihat bahwa Drs. Moh. Hatta adalah salah satu tokoh yang sangat berpengaruh pada saat awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. salah satu ide gagasan beliau yang masih berlanjut hinga sekarang adalah koperasi. Ini merupakan salah satu faktor pemacu perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi. Banyak dari penguasaha sukses yang bermla dengan mengikuti koperasi ini. gagasan ide beliau yang satu ini membuat ia menjadi bapak koperasi Indonesia. Kegiihan beliau demi memajukan perekonomian serta kesejahteraan Indonesia tidak hanya berhenti sampai di situ sebetulnya masih banyak lagi perubahan dan ide gagasan beliau yang sangat cemerlang. 

Dari berbagai profil dan biodata Drs. Moh. Hatta di atas, kejeniusan dan program-program beliau yang sangat gemilang itu membat Drs. Moh. Hatta menjadi The Founding Father's of Indonesia. Karena kehebatanyanya dan kejeniusannya tersebut membuat Bung Karno serta segenap bangsa Indonesia saat itu memilih Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden pertama Indonesia. Tapi sayangnya, Drs. Moh. Hatta lenser dari jabatan. Meskipun beliau sudah tidak menjabat lagi sebagai wakil presiden Indonesia tidak serta merta membuatide gagasannya saat itu menjadi mati. Bahkan saat ini ide-ide beliau masih di pakai dan menjadi salah satu warisan yang sangat berguna bagi bangsa Indonesia.
Load disqus comments

0 comments