Pengertian Search Engine Dan Beberapa Contoh Search Engine

Pengertian Search Engine - Yang Populer Jaman modern seperti sekarng ini, tidak ada yang tidak memakai akses internet. Tidak hanya untuk pekerjaan saja tetapi untuk sekedar menghibur diri sendiri saja internet sangatlah diperlukan dan dibutuhkan. Tidak jarang banyak smartphone juga mengusung aplikasi yang berkaitan dengan dunia internet. Dengan perkembangan jaman, berkembang pula web-web yang ada di dunia web. Search engine atau mesin pencari web ini pun hadir. Apa hubunganya search engine dengan dunia web dan internet? Apakah mereka sama? 

Jenis Search Engine Yang Popular 

Search Engine
Search Engine

Dalam pengertian search engine Wikipedia, search engine atau mesin pencari web ini dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan pada layanan www, ftp, atau new group dalam sejumlah komputer dalam satu jaringan. Search engine ini merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokuemn yang tersedia. Sedangkan yang menjadi target pencarian yang berupa berkas bisa memiliki beberapa jenis, salah satuny adalah halaman situs web, gambar, dan bentuk berkas lainnya. Di atas merupakan pengertian search engine menurut Wikipedia. 

Mungkin untuk orang awam yang tidak begitu mengenal dengan istilah search engine itu akan sangat kesulitan memahaminya. Secara gampangnya adalah search engine atau mesin pencari yang ada di dunia internet tersebut yang bisa mempermudah kita untuk mencari berkas atau informasi sesuai dengan yang kita ingin cari. Search engine atau mesin pencari ini memiliki banyak jenis yang sesuai dengan kapasitas dan kemapuan dalam memanjakan para pengguna komputer dan internet. Sejauh yang kita ketahui bahwa komputer dan internet merupakan benda yang kita butuhkan untuk menjalankan suatu pekerjaan. Nah, coba bayangkan jika kita tidak mengerti mengenai internet dan komputer? Kita yang merugi bukan? Di jaman yang sudah maju ini pun sudah banyak contoh search engine yang bisa dan sudah dipergunakan oleh orang-orang. Entah dalam urusan pekerjaan atau hanya urusan pribadi saja. 

Ada beberapa contoh search engine yang ada dan sudah beredar di kalangan masyarakat seperti Google, Yahoo, MSN, Lycos, Ask Jeeves, Yandex, Yahoo Search, dan masih banyak lagi. Nah, mesin pencari yang disebutkan di atas tentunya sudah pernah Anda rasakan bukan? Walaupun hanya Anda gunakan sebentar atau sedikit saja. Search engine juga memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Banyak manfaat juga yang bisa didapatkan dari mesin pencari ini. Manfaat yang ada pada search engine sudah jelas bisa kita lihat dan rasakan. Hampir semua orang mengakses via internet dan sekitar 90% orang melakukan pencarian menggunakan mesin pencari Google. Selain itu banyak di Negara maju porsi penjualan juga melaui internet dari keseluruhan transaksi, memudahkan masyarakat dalam mencari informasi, dan menambah informasi, sebuah informasi yang mudah di akses oleh siapapun baik di luar negeri maupun di dalam negeri dan masih banyak lagi manfaat yang didatangkan dari mesin pencari ini. 

Search engine yang memang sudah menjadi penolong bagi masyarakat dalam mencari informasi di dunia internet. Mesin pencari ini akan terus berkembang dan terus digunakan seiring berjalannya waktu. Dan akan berkembang terus sesuai dengan perkembangan jaman juga tentunya. Dengan bisa memudahkan mereka otomatis search engine akan menjadi pilihan utama untuk menolong memudahkan pekerjaan mereka. Google dan Yahoo adalah contoh mesin pencari yang terhitung banyak yang menggunakannya. Itu juga sudah dibuktikan oleh beberapa Negara maju yang melakukan survey. Sungguh menakjubkan bukan?
Load disqus comments

0 comments