Pengertian Perangkat Lunak Komputer Beserta Penjelasan Detailnya

Kitapunya.net, Pengertian Perangkat Lunak - Pastilah semua tahu mengenai perangkat lunak bukan? Yup, betul sekali dalam bahasa inggris dikenal dengan nama software. Perangkat lunak ini digunakan dalam perangkat yang sering kita gunakan yaitu pada komputer atau smartphone. Untuk pengertian perangkat lunak itu sendiri adalah istilah khusus untuk data yang disimpan secara digital atau diformat berdasarkan itu, termasuk program komputer, dokumentasi, dan berbagai informasi yang ditulis atau dibaca melalui komputer. Jadi komputer memang membutuhkan yang namanya perangkat lunak. Kenapa? Yuk sekilas kita bahas. 

Pengertian Perangkat Lunak Komputer

Pengertian Perangkat Lunak
Pengertian Perangkat Lunak

Seperti yang sudah diinfokan di atas, bahwa komputer tidak akan bisa lepas dari yang namanya perangkat lunak. Perangkat lunak merupakan data yang memang sengaja diformat atau disimpan di satuan sistem agar bisa dilihat dan dibaca, hal ini diletakkan pada system komputer. Mengapa komputer memiliki perangkat lunak? Untuk apa? Nah, sebelumnya kita harus tahu mengenai pengertian perangkat lunak komputer terlebih dahulu. Pengertian perangkat lunak komputer merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, dan data yang disimpan tersebut dapat mengatur komputer sehingga komputer bisa dijalankan atau bisa diperintah oleh si pengguna. Perangkat lunak ini tidak jarang memiliki bermacam-macam variasi atau jenis program di dalamnya untuk menjalankan komputer. Ada tiga jenis perangkat lunak, yaitu system operasi, pemrograman, dan system aplikasi. 

Dari setiap perangkat lunak tersebut memiliki perbedaan fungsi. Perangat lunak memang digunakan untuk memenuhi perintah atau instruksi dari si pengguna sampai instruksi tersebut bisa terwujud atau terlaksana dengan baik. Nah, memang perangkat lunak sangatlah dibutuhkan. Berbicara mengenai jenis dari perangkat lunak, memang sangatlah perlu karena itu digunakan untuk menambah pengetahuan mengenai pernagkat lunak. Beberapa perbedaan tersebut akan saling berkaitan satu sama lain karena fungsinya ada pada satu perangkat kerasnya. 

1. Perangkat lunak system Perangkat lunak system merupakan tempat atau platform untuk menempatkan perangkat lunak agar bisa bekerja. Yang sudah banyak dikenal atau diluncurkan sekarang adalah Microsoft XP, Microsoft Vista, atau dunia Microsoft yaitu windows 7 atau windows 8. Selain itu juga memiliki fungsi untuk menhubungkan prangkat keras dengan CPU dan mengatur semua proses yang terjadi pada CPU. 

2. Perangkat Lunak Pemrograman Selanjutnya adalah Bahasa Pemrograman, ada banyak contoh bahasa, seperti Java, Visual Basic, Bahasa C, C+, dan masih banyak lagi yang bisa disesuaikan dengan keinginan bahasa si pengguna. 

3. Perangkat Lunak Aplikasi Pengertian perangkat lunak aplikasi ini masih termasuk pada jenis perangkat lunak yang memiliki fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. Biasanya, perangkat ini bias digunakan untuk menulis, membuat surat, menghitung, mendengarkan musik, atau menonton televisi. Nah, aplikasi yang mungkin ada dalam komputer biasanya Microsoft word, excel, power point, Winnap, Gom, kalkulator, Crome, dan masih ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memenuhi aplikasi yang dibutuhkan. Anda bisa membuka atau mengintruksikan komputer sesuai dengan keinginan pengguna atau pemakai komputer tersebut. 

Dengan kata lain, Anda akan jauh lebih mengerti pengertian perangkat lunak pada komputer Anda jika berhadapan dengan barang tersebut. Itu akan sangat mempermudah Anda dalam memahami dan bagaiman cara penggunaan atau cara kerja dari setiap system operasi perangkat lunak dan setiap aplikasi yang ada dalam komputer Anda tersebut. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi penambahan wawasan Anda mengenai perangkat lunak.
Load disqus comments

0 comments