Pengertian Internet Protocol Yang Harus Anda Ketahui

Banyak yang masih asing dengan nama internet protocol atau protocol Internet. Tentunya hanya orang – orang yang mengerti dan ahli komputer yang lebih paham mengenai internet protocol tersebut. Pengertian internet protocol menurut Wikipedia adalah protocol lapisan jaringan atau lapisan internertwork yang digunakan oleh TCP/IP untuk melakukan pengalamatan atau routing atau paket data antar host jaringan komputer berbasis TCP/IP. Nah, terus apa itu internet protocol address? Apakah ada hubungannya? Berikut kami paparkan ulasannya mengenai pengertian dan juga beberapa jenis Internet Protocol beserta dengan kegunaannya. 

Jenis Internet Protocol Yang Sering Digunakan 

Internet Protocol
Internet Protocol 

Dalam masalah jaringan atau internet, jelas sudah ada yang menanganinya sendiri-sendiri. Untuk internet protocol sudah sedikit dijelaskan di atas. Pengertian internet protocol address juga akan kami sedikit perjelas mengenai hal tersebut. Sesuai dengan namanya, internet protocol addres ini merupakan sebuah deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang dipakai untuk alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam setiap jaringan internet. Singkat cerita IP merupakan metode atau mekanisme pemberian alamat terhadap sebuah end device. Ada dua jenis versi IP yang diketahui oleh umum, yaitu IPv 4 dan IPv 6. Yang paling banyak digunakan adalah jenis IPv 4. 

Dikarenakan banyaknya pengalamatan dan akses yang menggunakan versi ini, tak jarang mereka memiliki sedikit nama pengalamatan untuk pengguna IPv 4. Metode pengalamatan yang digunakan memang baru menggunakan versi tersebut. Dengan banyaknya dan makin berkembangnya dunia internet maka dikembangkanlah versi kedua yaitu IPv 6 dengan panjang 128-bit. 

Dengan adanya pengalamatan yang menggunakan metode tersebut jelas akan sangat membantu sekali bukan? Nah, untuk fungsi dari internet protocol sendiri apa? Apakah hanya sekedar hal tersebut atau ada yang lain? Fungsi internet protocol yang bis Anda ketahui melalui artikel adalah : 

1. Mendukung banyak protokl klien, maksudnya adalah Karena IP merupakan “kuri” jadi akan sangat bermanfaat untuk membawa sebuah data dari protocol di atasnya. 
2. Bersikap independent dari lapisan antarmuka jaringan. 
3. IP menawarkan layanan sebagai protocol jaringan. 
4. Dapat diperluas dengan menggunakan fitur IP Option dalam Header IP. 

Tercantum di atas merupakan fungsi dan manfaat yang bisa diambil dari internet protocol. Karena IP merupakan “kurir” maka akan sangat bermanfaat bagi pengusaha yang akan mengembangkan bisnisnya untuk jauh lebih berkembang. Sejauh kita ketahui bahwa komputer dan internet memang satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Berbicara kembali mengenai versi IPv4 dan IPv 5 ada sedikit perbedaan yang mungkin Anda bisa lihat. Kedua versi IP tersebut memiliki perbedaan yang mendasar, yaitu pada panjang total dari setiap IP. 

Untuk IPv 4 menggunakan versi 4 yang memiliki panjang 32 bit sedangkan IP v 5 memiliki panjang total sampai 128 bit. IPv 5 merupakan pengembangan pengalamatan dari versi IPv 4 yang mana tadi di atas sudah dikatakan bahwa perlu pengembangan lebih karena semakin banyaknya data yang harus dikirim. Protocol internet yang digunakan untuk pengalamatan atau routing data antar host dimana hal ini memang sangat penting demi kelangsungan dari kegiatan data dari setia host jaringanya. Fungsi dari internet protocol juga harus dicermati dengan benar agar kelak dalam kepemahaman mengenai internet protocol Anda bisa lebih memahaminya. Semoga bermanfaat artikel mengenai internet protocol di atas. Terima kasih. 
Load disqus comments

0 comments