Pengertian Facebook Secara Mudah Untuk Dipahami

Kata facebook sudah tidak asing lagi bagi setiap orang yang menyukai dunia web. Pengertian facebook secara umum itu sendiri merupakan salah satu jejaring sosial atau sosial network yang ada di dunia web. Mungkin baru beberapa orang yang mengenal facebook dari awal. Nah, zaman sekarang ini tidak asing lagi bagi anak sekolah mengenai facebook. Setiap anak pastiah memiliki facebook sendiri. Mulai dari anak sekolah sampai dengan orang tua atau pejabat memiliki facebook. Jadi, sudah terbukti bukan betapa mendunianya facebook ini, menjalar di semua usia. Sungguh fantastis. 

Awal Perkembangan Facebook

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sudah sangat menjamur di kalangan para remaja dan pejabat. Nah, sebelumnya facebook ini hadir pertama kali pada bulan Februari 2004 dengan Mark Zuckerberg sebagai pendirinya. 

Awalnya facebook ini dikenalkan hanya untuk kalangan mahasiswa. Baru pada tahun 2005 facebook baru membuka keanggotaan anak sekolah dan pada tahun 2006 facebook baru membuka secara universal dengan secara umum semua orang bisa menggunakan facebook ini. 

Manfaat Dan Kerugian Dari Facebook

Pengertian Facebook Secara Mudah Untuk Dipahami
Pengertian Facebook Secara Mudah Untuk Dipahami

Di jaman yang modern seperti sekarang ini memang sudah tidak asing dengan yang namanya facebook. Apalagi sekarang akses atau cara penggunaan facebook sudah sangat mudah. Facebook yang dikatakan sebagai jejaring sosial di dunia web merupakan sarana bagi setiap orang untuk menunjukkan atau berbagai kepada teman luas atau teman pribadi setiap pemilik akun facebook tersebut. 

Facebook pun juga memiliki manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh setiap pengguna facebook. 
1. Sebagai tempat mencari teman, dimana yang jelas dirasakan adalah bisa menemukan teman yang sudah lama tidak berjumpa. 
2. Tempat untuk menjain hubungan, seperti contoh bisa mendapatkan atau menjalin hubungan seperti pacar, atau tunagan dan sebagainya. 
3. Tempat promosi, tempat yang bisa digunakan untuk ajang promosi barang atau pengembangan bisnis. Melakukan pengiklanan di facebok yang bisa menambah relasi atau partner kerja. 
4. Tempat menambah wawasan, disamping sebagai tempat untuk bersenang-senang dengan teman lama atau baru juga bisa digunakan untuk menambah wawasan atau ilmu yang mungin didapatkan dari teman. Jadi, bisa menambah ilmu yang belum pernah kita ketahui dan pelajari. Manfaat facebook di atas belum semua dicantumkan. 

Manfaat lainnya bisa dirasakan sendiri oleh setiap pengguna facebook. Selain manfaat yang bisa dirasakan pengguna facebook, ada keuntungan dan kerugian yang terdapat pada jejaring sosial di dunia web ini. 

Berikut keuntungan facebook bagi pengguna facebook : 
1. Menjalin silaturahmi 
2. Tempat refreshing 
3. Tempat bisnis 
4. Tempat curhat 
5. Tempat belajar 

Tesebut di atas merupakan sebagian keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna facebook. Nah, ada keuntungan dan juga kerugian yang ada di facebook. 

Kerugian juga ada bagi pengguna facebook secara umum, seperti : 
1. Pornografi 
2. Menghabiskan uang 
3. Tugas sekolah atau kuliah bisa tidak dihiraukan atau ditinggalkan 
4. Dapat mengurangi waktu efektif 
5. Kurang solidaritas antar sesame atau kurang komunikatif di dunia nyata 

Walaupun hanya facebook, tetapi jejaring sosial tersebut memang memiliki keuntungan, kerugian dan manfaat sendiri-sendiri. Kembali lagi setiap penggunaan dari facebook merupakan tanggung jawab sendiri. Sama halnya dengan kata lain depent on user. Jadi, mau itu merugikan atau menguntungkan itu, hanya dari pengguna yang bisa menilai. Semoga artikel kami bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi Anda dan teman semua. 
Load disqus comments

0 comments