Harga Quran Tikrar Khusus Untuk Hafalan dan Keutamaan Menghafalkan AL-Quran

Harga Qur'an Tikrar Khusus Untuk Menghafalkan Al Qur'an - Siapa sih yang tidak ingin menjadi penghafal Qur'an, pasti semua orang yang mengaku Islam menginginkan hal itu, termasuk antum juga kan?. Untuk hafal Al-Qur'an 30 Juz tidaklah mudah, diperlukan kerja keras dan ketekunan. Maka dari itu orang yang hafal Al Qur'an adalah orang-orang yang hebat, orang-orang yang dimuliakan oleh Allah swt baik di dunia dan di akhirat dan calon-calon penghuni surga.

Al-Qur'an adalah satu-satunya kitab yang terjaga kemurniannya dari dulu hingga sekarang, hal ini dikarenakan Allah swt yang langsung menjaganya, sesuai dengan yang telah difirmankan oleh Allah swt dalam QS Al-Hijr [15]: 9.

Al-Qur'an juga menjadi satu-satunya kitab yang seluruh isinya dapat dihafal oleh para umatnya. Dengan menghafalnya kita ikut menjaga Al-Qur'an, tentunya Allah swt tidak menyia-nyiakan hambanya yang bersusah payah menghafalkan Al-Qur'an. Pasti oleh Allah swt akan dibalasan dengan sesuatu yang tak ternilai. 

Hadits tentang keutamaan menghafalkan Al-Qur'an

Kutamaan menghafalkan Al Qur’an sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

“Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al Qur’an nanti : ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” (HR. Abu Daud no. 1464 dan Tirmidzi no. 2914, shahih kata Syaikh Al Albani).

Ibnu Hajar Al Haitami rahimahullah berkata, “Hadits di atas menunjukkan keutamaan khusus bagi yang menghafalkan Al Qur’an dengan hatinya, bukan yang sekedar membaca lewat mushaf. Karena jika sekedar membaca saja dari mushaf, tidak ada beda dengan yang lainnya baik sedikit atau banyak yang dibaca. Keutamaan yang bertingkat-tingkat adalah bagi yang menghafal Al Qur’an dengan hatinya. 

Dari hafalan ini, bertingkat-tingkatlah kedudukan mereka di surga sesuai dengan banyaknya hafalannya. Semakin banyak yang dihafal maka kedudukannya akan semakin tinggi.

Menghafal Al Qur’an seperti ini hukumnya fardhu kifayah. Jika sekedar dibaca saja, tidak gugur kewajiban ini. Tidak ada yang lebih besar keutamaannya dari menghafal Al Qur’an. Inilah yang dimaksudkan dalam hadits di atas dan inilah makna tekstual yang bisa ditangkap. Malaikat akan mengatakan pada yang menghafalkan Al Qur’an ‘bacalah dan naiklah’. Jadi yang dimaksud sekali lagi adalah bagi yang menghafal Al Qur’an dari hatinya.” (Al Fatawa Al Haditsiyah, 156)

Dalam hadits lain, juga disebutkan bahwa : 
Umar bin Khattab ra berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur`an), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR Muslim).
Sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya” (HR. Bukhari)
"Barangsiapa yang membaca (hafal) Al Qur’an, maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukan kepadanya." (HR. Hakim) 
"Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, "Siapakah mereka ya Rasulullah?" Rasul menjawab, "Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya." (HR. Ahmad) 

Keutamaan lainnya menghafal Al-Qur'an

Selain ditinggikan derajatnya di surga nanti sesuai berapa banyak yang dihafal, masih banyak lagi keutamaan menghalkan Al-Qur'an, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dimulyakan oleh Allah swt di dunia dan di akhirat
  2. Mendapat ketenangan dan Rahmat dari Allah swt
  3. Mendapatkan pahala yang sangat banyak
  4. Mendatangkan kebaikan dan berka
  5. Dipakaikan mahkota dari cahaya di hari kiamat yang cahayanya seperti cahaya matahari
  6. Akan menjadi syafa'at di akhirat nanti
Rasulullah saw bersabda, "Penghafal Al-Qur`an akan datang pada hari kiamat, kemudian Al-Qur`an akan berkata: ‘Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia.' Kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). Al-Qur`an kembali meminta: 'Wahai Tuhanku tambahkanlah.' Maka, orang tu dipakaikan jubah karamah. Kemudian Al-Qur`an memohon lagi: 'Wahai Tuhanku, ridhailah dia.' Maka Allah SWT meridha nya. Dan diperintahkan kepada orang itu: 'Bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga).' Dan Allah SWT menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan.’” (HR Tirmidzi dar Abu Hurairah).  
Dengan keutamaan yang sangat besar tersebut, kita sebagai hamba Allah harus berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menghafal Al-Qur'an 30 Juz. Kita berharap agar dapat hafal 30 juz sebelum ajal menjemput. Walaupun ajal menjemput, kita belum hafal seluruhnya, minimal kita sudah berusaha untuk menghafalnya.

Jangan sampai kita mati tanpa ada satu ayatpun yang kita hafal. Dalam salah hadits disebutkan bahwa :
“Orang-orang yang tidak punya hafalan Al-Quran sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mu runtuh.”  (HR Tirmidzi)
Nah, seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Untuk menghafalkan seluruh isi Al Qur'an tidaklah mudah, butuh kerja keras, ketekunan dan kemauan yang keras. Untuk memudahkan dalam mensukseskan misi, tentunya ada beberapa hal yang dapat membantu dalam mencapai tujuan. Salah satunya adalah Al-Qur'an yang digunakan.

Biasanya orang yang menghafal menggunakan Al-Qur'an khusus, yang sedikit berbeda dari Al-Qur'an dari biasanya. Dan yang akan saya bahas kali ini adalah Tikrar Qur'an Hafalan yang memang dikhususkan bagi para penghafal Al-Qur'an. Penerbit dari Qur'an ini adalah Syaamil Qur'an. Bagiamanakah tampilannya? Perhatikan di bawah ini : 

Harga Qur'an Tikrar
Harga Qur'an Tikrar
Harga Qur'an Tikrar
Harga Qur'an Tikrar

Harga Qur'an Tikrar
Harga Qur'an Tikrar
Harga Qur'an Tikrar
Harga Qur'an Tikrar
Video penggunaan Al - Qur'an ini : 
Sumber : http://alqurantikrar.com/


Qur'an ini tersedia dalam dua ukuran, yaitu A5 dan B6. Ada beragam warna dan corak untuk Qur'an ini. Berapakah harganya? Harga Qur'an Tikrar untuk ukuran A5 adalah Rp 79.000 dan untuk Qur'an Tikrar ukuran B6 adalah Rp 59.000. 

Disetiap daerah dan tempat berbeda-beda, saya sendiri beli Qur'an ini di Social Agency sebanyak 2 buah. Dapat diskon Rp 23.600. Sehingga harga Qur'an 2 buah untuk ukuran B6 adalah Rp 94.000, jadi satuannya sekitar Rp 47.200. 
Load disqus comments

0 comments