Dampak Positif dan Negatif Televisi Bagi Penikmat TV Pada Umumnya

Saat ini televisi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap keluarga. Jika kita lihat di lingkungan di sekeliling kita, setiap rumah pasti memiliki televisi. Bahkan ada beberapa yang memiliki lebih dari satu televisi di dalam rumahnya serta meletakkannya di dalam kamar. Seberapa pentingkah televisi tersebut? Tentu pertanyaan ini akan timbul dan bergelayut di dalam benak Anda. 

Namun, dengan adanya fakta di atas, sebenarnya kita telah dapat membuat kesimpulan bahwa televisi memang sangat penting dalam suatu keluarga, entah sebagai sarana hiburan atau sumber informsi. Beralih dari pentingnya televisi, dengan tingginya anemo masyarakat akan televisi tersebut, sebaiknya kita mengetahui dampak yang ditimbulkan karena televisi tersebut. Di bawah ini Anda akan melihat rangkuman mengenai dampak positif dan negatif televisi yang pasti akan sangat berharga bagi Anda. 

Dampak Positif yang Akan Anda Dapatkan Dari Televisi 

Dampak Positif dan Negatif Televisi
Dampak Positif dan Negatif Televisi

Kita mulai dengan dampak positif televisi terlebih dahulu. Sebagai salah satu peralatan elektronik yang mampu berfungsi sebagai sumber informasi, televisi memberikan beberapa dampak positif terhadap pemiliknya, antara lain: 

1. Memperoleh berita terkini Dengan adanya televisi di dalam rumah, Anda dapat menimati tontonan berita yang umumnya disediakan oleh setiap channel televisi. Tontonan berita tersebut akan menyajikan kabar atau berita terkini yang tengah terjadi di salah satu daerah di dalam negeri maupun di luar negeri, misalnya berita tentang perang di jalur Gaza, berita tentang bencana alam, berita kriminal, dan lain sebagainya. 

2. Memperoleh hiburan gratis Selanjutnya, televisi juga akan menyediakan hiburan gratis bagi pemiliknya. Hiburan tersebut dapat berupa sinetron, sinema box office, acara komedi, kartun, dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda harus cerdas dalam memilih acara televisi tersebut, terutama jika Anda menonton dengan anak-anak Anda. 

3. Menambah wawasan lingkungan Televisi juga dapat menambah wawasan lingkungan. Saat ini ada banyak channel televisi yang menghadirkan acara yang memperlihatkan keindahan alam Indonesia dari berbagai wilayah. Hal ini sangat baik untuk dapat menumbuhkan rasa bangga telah menjadi bagian dari Indonesia yang kaya akan wisata alam. 

Dampak Negatif yang Akan Anda Dapatkan Dari Televisi 


Selain memiliki dampak positif, televisi juga dapat memberikan dampak negatif kepada pemiliknya. Dampak negatif dari televisi, antara lain: 

1. Penanaman tingkah laku Televisi ternyata juga memiliki peran penting dalam penanaman tingkah laku, terutama pada anak dan remaja. Seperti yang saat ini kita ketahui, televisi banyak mempertontonkan tingkah laku yang ekslusif dan terkesan bebas serta fulgar. Tontonan tersebut akhirnya akan mempengaruhi tingkah laku remaja dan anak. Tidak jarang dari mereka yang memaksa orang tua untuk membelikan barang seperti apa yang dipakai dalam tontonan tersebut. Apakah hal tersebut bisa disebut baik? 

2. Berkurangnya konsentrasi Televisi juga dapat menurunkan konsentrasi pada anak dan remaja, khususnya konsentrasi dalam belajar. Banyak diantara mereka yang malas untuk belajar karena tontonan yang mereka sukai sedang ditayangkan. 

3. Meningkatkan daya khayal anak Terlalu banyak menonton televisi juga dapat meningkatkan daya khayal pada anak. Jika khayalan tersebut akan membawa mereka ke dalam kesuksesan di masa yang akan datang, hal itu tidak akan menjadi masalah. Namun, jika khayalan tersebut seperti “seandainya aku si………, pasti aku akan…….”, apakah hal tersebut akan menjadikan mereka maju dan sukses? 

Demikianlah beberapa dampak positif dan negatif yang dapat ditimbulkan oleh televisi. Untuk itu, sebagai orang tua, kita harus benar-benar memahami tontonan yang sepatutnya ditonton dan mana yang tidak seharusnya. Dengan demikian, anak-anak kita tidak akan terkena dampak negatif karena televisi tersebut. 
Load disqus comments

0 comments