Dampak Positif dan Negatif Kemajuan Teknologi Bagi Kehidupan

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan dan pertumbuhan gaya hidup dan pola pikir masyarakat. Kemajuan teknologi tersebut dapat memberikan support atau dukungan yang berarti bagi sebagian masyarakat. Akan tatapi, bagi mereka yang tidak dapat mengilhami atau memahami perkemabangan teknologi tersebut, maka hal tersebut akan memberikan dampak buruk yang pada akhirnya juga akan mempengaruhi pola pikir dan gaya hidup masyarakat itu sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya jika kita mengetahui dampak positif dan negatif kemajuan teknologi. Dengan demikian, masyarakat dapat berhati-hati dalam memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. 

Beberapa Dampak Positif dan Negatif Kemajuan Teknologi 

Dampak Positif dan Negatif Kemajuan Teknologi
Dampak Positif dan Negatif Kemajuan Teknologi

Jika kita membahas tentang dampak negatif dari teknologi secara umum, rasanya hal tersebut akan terlalu luas. Untuk itu, kali ini kita akan mempersempit pembahasan pada dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari kemajuan teknologi pada bidang teknologi informasi (TI). Dampak negatif yang dapat timbul karena kemajuan teknologi pada bidang teknologi informasi tersebut, antara lain: 

1. Plagiasi yang merajalela. Plagiasi merupakan sebuah perbuatan yang meniru secara hampir keseluruhan suatu karya seseorang tanpa meminta izin kepada pihak yang bersangkutan terlebih dahulu. Plagiasi akan menyebabkan pelanggaran Hak Cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) seseorang. 

Mengapa perkembangan teknologi informasi memiliki peran dalam peningkata plagiasi ini? Hal ini karena dengan berkembangnya teknologi informasi, masyarakat dapat mengakses segala informasi yang mereka perlukan dengan mudah. Hal ini akan memicu keinginan seseorang untuk melakukan plagiasi. 

2. Memberikan informasi yang tidak semestinya untuk anak-anak Filter pada teknologi informasi yang belum aman memungkinkan anak-anak untuk membuka informasi melalui internet dengan sangat mudah. Jika yang mereka buka adalah informasi seputar pelajaran di sekolah atau cerita rakyat, maka hal itu tidaj akan menjadi masalah. Masalah akan timbul jika mereka membuka halaman web yang berisi konten yang “tidak semestinya” mereka ketahui. Hal ini akan membuat pola pikir mereka berubah. Rasa keingintahuan yang timbul tidak jarang membuat mereka terperosok ke dalam perbuatan yang tergolong perbuatan kriminal. 

3. Kurangnya silaturahmi Perkembangan teknologi informasi memungkinkan manusia untuk berhubungan dengan kerabat yang berada di tempat yang dekat maupun jauh dengan perantara media sosial. Kemudahan ini akan membuat manusia terlena akan pentingnya silaturahmi secara langsung. Jika hal ini terus terjadi maka tali silaturahmi akan semakin memudar. 

Selanjutnya, dampak positif dari perkembangan teknologi informasi, antara lain: 

1. Akses informasi yang mudah dan murah Seiring perkembangan dunia teknologi informasi, manusia kini dapat mengakses informasi dengan mudah dan murah. Mereka dapat melakukannya kapanpun dan dimana pun mereka inginkan. 

2. Hiburan yang mudah didapat Saat ini Anda dapat menikmati berbagai macam jenis game, seperti game offline, game online, game VR, dan lain sebagainya. Hiburan yang mudah Anda dapat tersebut merupakan salah satu dampak yang sebabkan oleh perkembangan teknologi informasi. 

3. Belajar dengan otodidak Perkembangan teknologi informasi membuat manusia dapat mengakses pengetahuan hingga tidak terbatas. Pengetahuan dari berbagai bidang bisa manusia dapatkan melalui internet. Hal ini dapat membuat seseorang belajar dengan otodidak. 

Demikianlah informasi penting mengenai dampak positif dan negatif yang ditimbulkan karena kemajuan teknologi, khususnya adalah teknologi informasi. Anda dapat menikmati apa yang disediakan oleh teknologi informasi tersebut. Meski demikian, Anda juga hrus berhati-hati dan selalu mengawasi anak-anak Anda untuk tidak membuka konten-konten yang kurang baik.
Load disqus comments

0 comments