Dampak Positif dan Negatif Handphone untuk Anak di Era Modern

Dampak positif dan negatif handphone untuk anak tentu perlu orang tua ketahui karena anak memiliki sifat yang polos dan harus diberikan pengawasan khusus terhadap orang tua. Di era serba moderen ini, tentu tidak bisa kita pungkiri bahwa teknologi sudah menjadi raja dan manusia seakan telah dikuasai oleh teknologi. Bagaimana tidak, saat ini, teknologi telah menggantikan posisi kebutuhan manusia, sebagai kebutuhan primer, tidak satupun orang yang tidak mengenal teknologi terutama teknologi handphone. 

Yaps, saat ini handphone telah menjadi satu-satunya kebutuhan primer manusia baik anak-anak hingga dewasa, penggunaan handphone juga memberikan ha-hal positif dari berbagai hal akan tetapi terkadang mereka lalai, bahwa teknologi juga memberikan dampak negatif tehadap kita, terutama anak-anak yang seharusnya mendapatkan pendampingan orang tua. Disini akan kami paparkan berbagai macam dampak positif dan negative handphone untuk anak. 

Dampak Penggunaan Handphone Bagi Anak Anda 

Dampak Positif dan Negatif Handphone
Dampak Positif dan Negatif Handphone

Penggunaan handphone sudah menjamah semua kalangan, baik anak-anak hingga dewasa, hal ini tentu menjadi perhatian penting bagi para orang tua yang mempunyai anak. Anak-anak belum cukup umur, sehingga mereka seharusnya mendapatkan pendampingan khusus bagi orang tuanya dalam penggunaan handphone, karena jika tidak, mereka akan mudah terjerumus, dan menjadi korban teknologi. Akan tetapi, teknologi saat ini memang sangat penting bagi siapapun, sehingga bagaimana orang tua pintar-pintar dalam mengawasi anak menggunakan handphone. Karena, handphone sendiri juga akan memberikan dampak positif terhadap anak anda. 

Kecanggihan teknologi handphone saat ini memang tidak bisa dipungkiri, bahkan manusia terkadang sulit mengikuti cepatnya arus teknologi yang semakin hari semakin berubah dengan berbagai fitur barunya. Dampak positif penggunaan teknologi bagi anak tentu memberikan kemudahan anak dalam melakukan proses belajar, dengan handphone mereka bisa memanfaatkannya sebagai media pembelajaran, karena semakin banyaknya aplikasi pembelajaran anak yang praktis digunakan sebagai pendaming belajar anak anda, tentu dalam hal ini orang tua harus tetap memberi kontrol terhadap anak. 

Selain itu, handphone juga mempermudah orang tua dalam berkomunikasi dengan anak, sehingga tidak perlu lagi repot menelpon sekolah untuk menanyakan kabar anak anda, karena secara praktis Anda bisa berkomunikasi dengan handphone yang Anda berikan terhadap anak anda, akan tetapi jangan lupa, sebagai orang tua harus ada pengawasan khusus dengan selalu mengecek aktivitas anak dalam menggunakan handphonenya. Sebaiknya juga Anda bisa memblokir aplikasi yang tidak layak digunakan oleh anak anda. 

Jika tadi kita melihat kecanggihan teknologi dari sisi positif, kita juga perlu mengetahui berbagai macam dampak negatif penggunaan handphone untuk anak. Yaps, disini yang menjadi target penting adalah anak, karena anak-anak yang belum cukup umur sangat mudah terjerumus tanpa adanya pengawasan ketat dari orang tua, begitu juga dalam penggunaan handphone, jika orang tua lalai, ini akan menjadi hal yang sangat berbahaya bagi anak, karena jika tanpa pengawasan, anak Anda bisa saja terjerumus karena keterbatasan pengetahuan mereka, sehingga mereka bebas membuka situs-situs porno tanpa mereka tahu dampak yang akan berpengaruh terhadap psikologi mereka. 


Anak-anak memiliki sifat yang polos terkadang mereka lalai dalam menggunakan teknologi jika tanpa ada pendampingan orang tua. Fakta yang kita lihat saat ini, banyak kasus kriminalitas yang dilakukan oleh anak, anak yang menjadi tersangka kejahatan, dimana penyebabnya adalah penggunaan teknologi, secara tidak sadar, psikologi mereka akan terpengaruh oleh dampak penggunaan handphone tanpa mereka sadari dan berdampak pada perilaku, tentunya Anda tidak ingin jika anak kesayangan Anda menjadi korban teknologi bukan? Jika Anda orang tua yang cerdas, tentu Anda akan memberikan pengawasan terhadap anak Anda dalam menggunakan handphone akan tidak terjerumus. 
Load disqus comments

0 comments