Dampak Positif dan Negatif Facebook, Penting untuk Diketahui

Dampak Positif dan Negatif Facebook - Teknologi menjadi satu-satunya aspek yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Modernisasi saat ini merubah segala sesuatu menjadi sesuatu yang baru dan sedikit demi sedikit menghilangkan nilai-nilai klasik yang dulu kita agungkan. Salah satu pengaruh teknologi yang kita rasakan saat ini adalah sosial media. Yaps, siapa sih di jaman modern ini yang tidak paham sosmed alias sosial media? Tentu semua orang paham bahkan mempunyai sosial media sebagai produk kecanggihan teknologi yang bisa kita nikmati saat ini. Sosial media merupakan hal yang baru bagi kita, karena istilah tersebut baru kita kenal di era modern ini. Salah satu sosial media yang paling digemari adalah facebook, disini akan kita bahas dampak positif dan negative facebook yang perlu diketahui! 

Dampak Facebook Terhadap Penggunanya 

Dampak Positif dan Negatif Facebook
Dampak Positif dan Negatif Facebook
Aplikasi facebook memang merupakan satu-satunya sosial media yang paling digemari di Indonesia dibandingkan negara lain. Karena penggunaan aplikasi ini sangat mudah, menarik, dan asyik jika kita sudah menggunakannya lama. Bahkan tidak hanya kalangan dewasa saja penikmat sosial media ini, banyak anak-anak dibawah umur yang sudah berani menggunakan facebook walaupun mereka tidak tahu dampak yang terjadi penggunaan sosial media tersebut. 

Orang-orang tua pun tidak ingin kalah, banyak sekali orang tua di atas umur yang juga menggunakan facebook, karena penasaran, di era mereka dulu belum menemukan produk-produk modern seperti ini. Padahal mereka tidak tahu bahwa facebook memberikan dampak yang besar terhadap penggunanya. Salah satu dampak negatif menggunakan facebook adalah tindakan kriminalitas. Banyak kalangan pengguna facebook yang menyalahgunakannya sebagai sarana kejahatan, bisa dengan cara menipu user lain, menghasut dll. 

Banyak kejadian yang kita lihat di televisi, dimana tindakan kriminalitas bisa terjadi hanya karena menggunakan facebook. Facebook dijadikan sasaran empuk bagi para penindak criminal untuk melakukan aksinya. Dan ini sangat berbahaya bagi pengguna facebook yang masih awam dan belum mengetahui dampak yang terjadi. Terlebih lagi jika anak-anak dibawah umur sudah dibiarkan menggunakan sosial media tanpa ada pengawasan dari orang tua. 

Anak-anak dibawah umur tentunya masih sangat polos, dan sangat mudah dimanfaatkan, sehingga tidak heran jika banyak berita yang melaporkan bahwa terjadi kehilangan anak-anak akibat tertipu oleh teman facebook. Sangat memprihatinkan bukan? Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya mengawasi, mengontrol segala aktifitas sosial media yang dilakukan oleh anak untuk memberikan pengertian kepada mereka tentang dampak negative penggunaan sosial media tersebut. 

Akan tetapi, jika dilihat dari sudut pandang lain, facebook juga memberikan dampak positif jika digunakan secara positif. Menggunakan aplikasi sosial media facebook yang sangat populer di Indonesia ini bisa kita jadikan sebagai sasaran bisnis online. Ya, tentu kita tahu banyak kalangan penjual online yang memasarkan dagangannya melalui facebook, karena akan memberikan respon yang cepat dibandingkan media sosial lainnya, selain itu Anda tidak perlu harus keluar rumah jika ingin memasarkan dagangan anda, karena dengan membagi foto produk yang akan Anda jualkan, cukup dengan duduk manis, orang bisa memesan Anda melalui facebook. 

Sangat mudah dan praktis, tetapi jika kita tidak hati-hati maka banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dan merugikan bisnis online anda, sehingga perlu teliti dan hati-hati jika ada orang yang menghubungi Anda melalui facebook. Tidak hanya itu saja, dampak positif menggunakan facebook juga bisa membuat kita mudah menjalin silaturahmi terhadap kerabat kita, tanpa harus jauh-jauh datang keluar kota menemui teman lama, Anda bisa melihatnya melalui wall facebook atau sekedar menyapanya untuk mengetahui kabar.
Load disqus comments

0 comments