Dampak Negatif Musik yang Perlu Anda Ketahui!

Dampak Negatif Musik - Musik merupakan salah satu hiburan menarik bagi semua kalangan, dimana jika kita mendengarkan music, maka hati akan tenang, terhibur, dan menghilangkan penat sesaat dari segala kesibukan. Musik juga menjadi hobi yang paling digemari oleh semua orang, banyak orang yang mencintai music karena bagian dari seni yang menarik, oleh karena itu kemajuan industri music di dunia semakin meningkat dan banyak digemari oleh banyak orang. Ditambah dengan munculnya penyanyi-penyanyi terkenal baik internasional maupun nasional membuat pecinta music semakin tertantang. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda tahu dari beberapa dampak negatif musik itu sendiri. 

Dampak Negatif Musik Terhadap Manusia 

Dampak Negatif Musik
Dampak Negatif Musik

Memang asyik jika kita mempunyai hobi yang salah satunya berkaitan dengan music. Menyanyi, mendengarkan lagu, memainkan instrumen-isntrumen menjadi salah satu akftivitas yang paling digemari oleh pecinta music. Akan tetapi, segala sesuatu yang berlebihan tentu akan memberikan dampak yang tidak baik pula, sehingga, jika kita mempunyai hobi musik, harus cerdas dalam mengelola emosi dan membatasi diri agar tidak terlalu berlebihan dalam bermusik. 

Salah satu dampaknya yaitu membuat kita kecanduan musik akan berpengaruh terhadap psikologi seseorang. Bermain musik secara berlebihan, akan berpengaruh terhadap tingkat pola pikir manusia, dimana obsesi tingkat ekstrim membutakan segalanya. Sehingga, terkadang Anda bahwa selama 24 jam menyalakan music, atau mendengarkan music melalui headset akan merusak gendang telinga, jika itu dilakukan terlalu sering. 

Dampak negatif mendengarkan music secara berlebihan bisa menyebabkan kematian karena radiasi, karena music tentunya tidak lepas dari teknologi, sedangkan saat ini kita bisa mengakses segala macam lagu atau isntrumen melalui gadget, tentu akan membuat kita tidak jauh dari gadget ketika akan mendengarkan music. 

Dampak negatif dari musik memang tidak terlalu banyak, akan tetapi fatal jika kita tidak mengontrolnya. Mempunyai hobi bermusik sah-sah saja, asal kita tahu batasannya. Jika kita mampu memanfaatkan hobi secara positif tentu ini akan menjadi target bisnis yang sangat menguntungkan, karena music merupakan hobi yang memberikan orientasi karir yang bagus jika betul-betul diseriusi dan dilatih secara terus menerus. 

Oleh sebab itu, kita harus bisa memanfaatkan music yang tidak hanya menjadi hiburan semata, melainkan target bisnis yang menguntungkan untuk masa depan. Musik juga akan merugikan anda, jika tidak hati-hati dalam menggunakan instrumen music yang Anda gunakan. Karena dengan kecanggihan teknologi saat ini, hampir semua instrument berhubungan dengan listrik, sehingga jika kita tidak hati-hati, bisa saja hal tersebut akan membahayakan. 

Oleh sebab itu, jika Anda membeli instrument music seperti gitar, piano, dll, sebaiknya dirawat dengan baik, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, jika Anda sangat mencintai music sebagai hobi yang Anda gemari, maka manfaatkan music sebagai seni yang positif, tidak hanya Anda artikan sebagai hiburan semata, melainkan Anda bisa gunakan music sebagai alat penghibur semua orang, karena music itu menyenangkan bagi yang mendengarnya. 

Sebagai pecinta music juga perlu membatasi waktu agar tidak terlalu sering membuang waktu untuk hobi bermusik saja, karena tentu akan membuat waktu Anda terbuang sia-sia. Sehingga, alangkah baiknya jika kita menyalurkan hobi bermusik untuk sesaat saja, tidak perlu membuang banyak waktu untuk hal yang tidak memberikan banyak manfaat. Jadikan music sebagai alat penghibur yang sewajarnya saja dan gunakan music secara positif!
Load disqus comments

0 comments