Cara Memegang Raket Bulutangkis Agar Lebih Kuat dan Lihai

Cara Memegang Raket Bulutangkis - Bulu tangkis merupkan salah satu permainan yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Tentunya setiap orang ingin memainkan olah raga yang satu ini. Jika dilihat dari sekilas mata memang sangat gampang memainkan olah raga yang bergengsi ini tetapi ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah pengenalan lapangan, cara memegang raket, cara penskoran, dan masih banyak lagi. 

Memang olah raga yang seperti ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar juga dan bagi pemula wajib mengetahui dasar dari permainan bulutangkis ini. Wah, semakin mengundang rasa penasaran bukan? 

Teknik Memegang Raket yang Baik dan Benar 

Cara Memegang Raket Bulutangkis
Cara Memegang Raket Bulutangkis

Dalam olah raga bulu tangkis, ada yang harus diperhatikan saat memegang raket. Walaupun hanya sebuah raket tetapi raket merupakan salah satu kunci pemainan itu akan berjalan dengan baik atau malah sebaliknya. Nah, teknik pegang raket itu sendiri memiliki beberapa jenis atau tipe. Anda mungkin sudah mengenal dengan jenis teknik pegang raket tersebut. Ada 2 jenis pegang raket yang bisa Anda coba, di antaranya adalah forehand dan backhand. Cara tersebut kemudian dikembangkan menjadi American grip, forehand grip, backhand grip, dan combination grip. Pasti Anda suda berpikir lagi, cara apa itu? 

Terlihat dan terdengar sulit? Memainkan bulutangkis memang terlihat gampang sekali. Asal shuttlecock bisa di mainkan maka permainan akn terus berjalan. Ya, itu memang benar tetapi jika kita memperhatikan cara memegang raket bulutangkis dengan betul maka kita akan menjadi seorang pemain yang bisa tidak hanya menghidukan permainan dan shuttlecock tetapi melakukan beberapa atraksi atau smash dengan raket. Tentunya karena cara memegang raket tadi dengan betul. 

 1. American grip Teknik ini adalah bagian tangan antara ibu jari dan telunjuk menempel pada bagian permukaan tangkai yang luas, sedangkan permukaan raket sejajar dengan posisi lantai. 

Nah keuntugan cara ini adalah untuk melakukan smash, namun tidak baik jika digunakan untuk netting. 

2. Forehand Grip Forehead Grip adalah di mana ibu jari dan telunjuk dalam posisi menemperl pada permukaan tangkai yang sempit. Raket dipegang tanpa berubah-ubah. Cara ini membuat pegangan raket kuat dan tidak mudah lepas. 

3. Backhand grip Backhand grip adalah dari forehand dapat dialihkan ke backhand dengan posisi ibu jari tidak seperti pada forehand, melainkan agak dekat dengan daun raket. Melalui cara ini akan sulit diterka datangnya shuttlecock dan kelemahannya adalah akan sulit mengembalikan kok datang yang mengarah ke bagian belakang dan ketika smash. 

4. Combination grip Terakhir adalah combination grip adalah cara ini disesuaikan dengan arah datangnya shuttlecock,karena model ini mrupakan kombinasi dari forehand grip dan backhand grip. Setelah mengetahui cara memegang raket yang tertulis di atas dengan begitu jelasnya pastilah Anda akan merasa lebih siap untuk memainkan olah raga bulutangkis itu dengan cara yang tepat. 

Cara memgang raket bulutangkis pun juga memiliki cara yang berbeda dan beragam. Dari setiap cara atau metode pegang raket di atas memiliki keunggulan dan kelemahan tersendir juga bukan? Jadi dengan Anda mengetahui semua, dari keunggulan dan kelemahan cara tersebut maka Anda akan jauh lebih mengerti dan paham mengenai permainan bulutangkis tersebut. Dalam permainan bulutangkis yang memang sudah sangat terkenal dan popular di seluruh dunia ini jelas akan membuat semua kalangan ingin memainkannya. 

Langkah pertama memang Anda harus tahu mengenai teknik dasar dalam permainan ini yaitu memegang raket. Itu teknik dasar yang memag harus Anda mengerti. Anda bisa mencoba dan lebih memperdalam lagi dalam pemainan bulutangkis ini.
Load disqus comments

0 comments