Apa Pengertian Modernisasi dan Dampak Krusialnya Masa Kini?

Apa Pengertian Modernisasi? Jika kita mendengar istilah modernisasi saat ini, mungkin sudah tidak lagi awam, karena kita sendiri sudah merasakan dampak dari proses modernisasi itu sendiri. Pengertian modernisasi merupakan suatu proses perubahan dari yang klasik ke arah yang lebih maju. Proses ini merubah dari hal-hal yang dilihat secara tradisional menuju perubahan yang moderen dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat. Modernisasi tentunya tidak lepas dari kemajuan teknologi, dengan kecanggihan teknologi saat ini, kualitas hidup manusia semakin meningkat dan terjamin dibandingkan dulu, banyak perubahan-perubahan dampak positif dari modernisasi ini bisa kita lihat dari berbagai macam aspek antara lain perubahan dari segi pertanian, perdagangan, industri dan lain sebagainya. 

Dampak dari Modernisasi bagi Kehidupan Masa Kini 

Apa Pengertian Modernisasi
Apa Pengertian Modernisasi

Proses moderninasi memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat, yang tentunya akan mengarah pada hal-hal positif jika itu digunakan secara positif, dan sebaliknya, akan berdampak negatif tergantung pada pola pikir manusia itu sendiri. Modernisasi tidak akan terjadi tanpa ada perubahan pola pikir ilmiah yang semakin maju, kualitas sumber daya manusia di dunia ini semakin meningkat, sehingga menghasilkan bentuk bentuk nyata seperti teknologi canggih dan kemajuan lainnya. Jika kita berbicara tentang dampak, otomatis akan berbalik kepada manusia itu sendiri, karena proses transformasi yang terjadi dari modernisasi ini merupakan hasil karya manusia, yang tentunya manusia punya akal dan bisa berfikir tentang positif dan negatif dari sesuatu yang ada didepan mereka. 

Sebagai manusia yang cerdas, tentu kita akan berfikir positif dari dampak modernisasi itu sendiri, karena perubahan tersebut mengarah kepada hal-hal yang positif, dimana kita bisa melihat secara kasat mata, kehidupan sosial masyarakat menjadi lebih maju, praktis dan teratasi dengan mudah. Teknologi canggih sudah merambah kesuluruh aspek kehidupan, seperti penggunaan teknologi di dunia industri, perdagangan dll.

Sentuhan teknologi memberikan dampak positif terhadap seluruh aspek yang ada, karena begitu mudah kita sekarang melakukan aktifitas sosial dengan memanfatkan teknologi secara positif. Akan tetapi, masih banyak kalangan masyarakat yang menyalahartikan makna modernisasi itu sendiri. Modernisasi diartikan sebagai penyakit dunawi dimana melupakan nilai moralnya, mereka berfikir bahwa modernisasi mengarah kepada kebebasan duniawi, sehingga mereka memilih untuk menghindari teknologi daripada terjerumus. 

Tentu ini menjadi salah kaprah, jika kita memahami secara universal, arti dari modern sendiri yaitu kemajuan, kemajuan yang mengarah pada peningkatan taraf hidup masyarakat secara menyeluruh dan nyata. Hal ini bukan berarti arti modern menghilangkan nilai klasiknya, akan tetapi memajukan kehidupan menjadi lebih baik lagi. Jangan salah mengartikan makna modernisasi dengan westernisasi. Mungkin beberapa orang masih belum bisa membedakan dua pengertian tersebut. Mereka mengganggap modernisasi berarti westernisasi, tentu berbeda, karena jika kita mengacu pada makna westernisasi berarti mengarah pada perubahan masyarakat yang disebabkan karena mengikuti budaya barat yang dianggap lebih baik dari budaya sendiri. 

Akan tetapi, yang membuat keduanya saling berkaitan adalah, proses modernisasi biasanya terjadi di lingkugan masyarakat barat, sehingga terkadang kita salah mengartikan hal tersebut. Sebagai masyarakat yang berfikir maju, tentunya kita mengambil hal-hal positif dari perubahan yang terjadi akibat modernisasi ini. Kita juga perlu mengontrol diri atau membatasi diri agar tidak terjadi percampuran antara westernisasi dengan modernisasi, karena kedua hal tersebut memang berkaitan, tapi bisa kita hindari dengan tidak mengikuti kebudayan bebas yang dilakukan oleh orang-orang barat, dan bisa mengambil hal positif yang mereka tularkan. 
Load disqus comments

0 comments