5 Jenis Makanan Yang Membantu Mencerdasakan Otak Anak

5 Makanan Yang Mencerdasakan Otak  - Otak merupakan bagian dari setiap manusia yang memiliki peranan penting. Setiap manusia memiliki kemampuan yang jelas berbeda. Akan sangat bagus sekali jika perkembangan otak di perhatikan sejak anak berusia dini. Seorang anak akan memiliki daya berpikir yang cerdas dan terampil jika kemampuan otak anak bagus. Dengan memberikan beberapa suplemen dan melakukan beberapa aktifitas yangbisa menunjang perkembangan otak anak akan sangat bagus sekali. Jangan meracuni otak Anda ataupun anak Anda dengan bahan yang memiliki kandungan bahan kimia di atas rata-rata. Beberapa makanan yang membantu mencerdaskan otak anak yang bisa membantu perkembangan otak anak, sebagai berikut : 

1. Ikan Kaya O-mega 3 
Makanan yang mencerdaskan otak
Makanan yang mencerdaskan otak

Yang kita ketahui adalah beberapa jenis ikan seperti ikan kembung, ikan salmon, tuna, sarden, makarel dan teri merupakan jenis ikan yang banyak mengandung lemak tak jenuh dan tentunya omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak anak. Ikan-ikan laut tersebut terbukti memiliki kandungan omega 3 dan dikarenakan karena lemak tidak bisa diproduksi oleh tubuh sendiri, maka kita harus memasoknya dari luar. Asam lemak omega 3, EPA dan DHA merupakan hal yang paling penting sebagai salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak. 

Ini bisa dikonsumsi selagi anak masih dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi ikan, selama hamil amka perkembangan dan pembentukan otak anak dalam kandungan juga akan bagus. DHA juga bisa untukmembantu orang untuk bisa menjaga kesehtannya. Terbukti dengan mengkonsumsi ikan dengan kadar omega3 yang tinggi makan akan mengalami penurunan resiko penyakit alzaimer. 

2. Bayam 
Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki warna hijau . sering ibu rumahtangga menggunakan sayuran satu ini untuk dijadikan salah satu jenis makanan keluarga. Perlu Anda ketahui, bayam ini memiliki kandungan zat besi yang bagus untuk tubuh dan meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kemampuan belajar. 

Bayam juga memiliki kandungan asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Kekurangan zat besi dalam tubuh akan berpengaruh pada lemahnya daya ingat dan kemampuan belajar menurun. 

3. Brokoli 
Jenis sayuran ini “brokoli” sering kita jumpai dan seudah menjadi menu sehari-hari dalam keluarga. Brokoli kaya akan vitamin K yang dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Vitamin K ini sangat berpengaruh pada kemampuan seseorang untuk mengingat dan menyerap instruksi verbal. Dalam brokoli juga terkandung kolin yang penting dalam pembentukan sel-sel baru pada otak. Mengkonsumsi kolin ketika mengandung, terbukti bisa membantu anak meningkatkan fungsi kognitif dan saya ingat. Jadi, dengan begitu akan menghasilkan generasi yang berkualitas. 

4. Gandum murni 
Pada makanan yang terbuat dari gandum murni, dipercaya mampu memenuhi asupan energy yang cukup. Untuk memenuhi energy pada tubuh manusia, maka harus mengkonsumsi karbohidrat yang lambat dicerna oleh tubuh. Pentingnya energy untuk meningkatkan kekuatan otak ini dibuktikan oleh beberapa ahli. Otak akan bekerja baik jika memiliki energy dan kekuatan yang terpenuhi secara cukup. Sehingga, makanan ini sangat bagus digunakan sebagai salah satu jenis makanan kecerdasan anak. 

5. Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin E yang bagus selain sayuran berdaun hijau. Kacang-kcangan ini bisa mencukupi kebutuhan vitamin E pada tubuh Anda. Yang mana mampu mencegah penurunan fungsi koginitif, terutama pada orang yang berusia lanjut. Anda bisa temui pada asparagus, minyak zaitun, biji-bijian, beras merah, dan gandum utuh. Jadi, jenis makanan ini akan sangat bagus untuk kecerdasan anak Anda. 

Load disqus comments

0 comments