3 Fungsi Email Yang Paling Penting, Wajib Anda Ketahui Email

Email, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Kata “email” sering kita jumpai di berbagai pengumuman maupun di tempat kerja. Email merupakan kepanjangan dari Electronic Mail atau dapat juga disebut dengan surat elektronik. Dahulu, jika ingin berkirim pesan dengan saudara atau orang yang memiliki kepentinga, orang harus menulis surat di selembar kertas dan mengirimkannya melalui kantor pos. 

Sekarang, semua itu telah terkesan “kuno” atau ketinggalan jaman. Yeah, Anda dapat memanfaatkan email untuk berkirim pesan dengan cepat dengan lengkap. Bahkan, Anda juga dapat melampirkan foto maupun pesan suara dengan kapasitas tertentu. 

Beberapa Fungsi Email yang Penting untuk Kehidupan Sehari-hari 

Fungsi Email
Fungsi Email

Berbicara tentang email, apakah Anda suda memiliki email? Pastinya sudah bukan? Jika sudah mempunyai akun email, Anda pasti telah menggunakannya. Dengan demikian, pasti sedikit banyak Anda telah mengetahui beberapa fungsi email. Untuk mengetahui fungsi email lebih detail, di bawah ini Anda dapat melihat fungsi surat elektronik tersebut yang pasti akan membuka mata Anda tentang betapa pentingnya memiliki email. 

Fungsi-fungsi tersebut, antara lain: 

1. Sebagai media yang efektif untuk melakukan pengiriman pesan
Seperti yang telah kita bahas di depan, email memiliki fungsi untuk melakukan pengiriman pesan terhadap pihak-pihak tertentu. Namun email lebih efisien dari pada surat yang dalam bentuk kertas. Mengapa email lebih efisien? Untuk mengirimkan pesan menggunakan email, Anda tidak perlu repot pergi ke luar rumah untuk mengunjungi kantor pos. Cukup dari dalam rumah, Anda dapat membuka akun email Anda kemudian menulis pesan yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda tinggal klik “kirim” dan beberapa menit kemudian pesan tersebut sudah dapat dibaca oleh si penerima pesan. Perlu Anda ketahui bahwa email dapat digunakan untuk mengirim pesan formal maupun non formal. Anda juga dapat mengirimkan surat lamaran pekerjaan ke suatu perusahaan dengan melalui email. Di samping itu, Anda tidak akan dikenakan biaya saat Anda telah mengirim pesan menggunakan email tersebut. Sangat efektif bukan? 

2. Sebagai salah satu aspek yang diperlukan untuk memiliki akun sosial media 
Fungsi atau kegunaan email yang kedua adalah sebagai salah satu aspek yang diperlukan untuk memiliki akun sosial media, sebagai contoh adalah Facebook. Apakah Anda telah memiliki akun Facebook? Jika Anda telah memilikinya pasti Anda akan paham dengan apa yang dimaksud pada poin ini. Yeah, untuk mendaftar Facebook, Anda disyaratkan memiliki akun email terlebih dahulu. Nantinya, alamat email tersebut akan dimasukkan ke dalam kolom yang disediakan pada halaman pendaftaran akun Facebook. Jika Anda telah berhasil mendaftar, Anda akan mendapatkan pesan verifikasi dari pihak Facebook yang dikirim ke alamat email Anda. Untuk mengaktifkan Facebook, Anda harus membuka akun email Anda kemudian mengkonfirmasi verifikasi yang diberikan oleh pihak Facebook tersebut. Setelah itu, Anda dapat menikmati berselancar di media sosial Facebook. Menarik bukan? 

3. Sebagai sarana untuk mendaftar Paypal 
Jika Anda adalah seorang blogger, mungkin Anda sudah mengetahui tentang Paypal. Paypal merupakan salah satu rekening online internasional yang biasa digunakan untuk melakukan transfer antar Negara di seluruh dunia. Untuk mendaftar Paypal tersebut, Anda juga harus memiliki email. Demikianlah beberapa fungsi email yang wajib Anda ketahui. Fungsi email sebagai alat komunikasi sangat berperan penting dalam memberikan kemudahan bagi manusia dalam menjalin hubungan dengan relasi maupun kerabat jauh. 
Load disqus comments

0 comments