Yang Harus Diperhatikan Ketika Berpidato

Pidato merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi kepada orang lain. Biasanya pidato di gunakan untuk menyampaikan pendapatnya kepada Umum. Berpidato pastinya mempunyai tema tertentu. Dengan berpidato, kita bisa menyampaikan keinginan kita kepada orang tertentu atau suatu kelompok tertentu. Fungsi pidato selain menyampaikan keinginan kita, fungsi lain dari pidato adalah memberikan suatu Informasi kepada orang yang berjumlah besar. Biasanya pidato digunakan oleh orang orang penting yang untuk menyampaikan sesuatu kepada Bawahannya atau rakyatnya.

Berikut ini hal hal yang harus anda perhatikan pada saat Berpidato:

Yang Harus Diperhatikan Ketika Berpidato
Yang Harus Diperhatikan Ketika Berpidato
  1. Mengetahui dan menguasai materi yang akan disampaikan secara mendalam. Hal ini merupakan hal yang paling anda perhatikan, karena pada saat anda berpidato, anda belum menguasai materi pidato tersebut dengan baik, anda tidak akan bisa berpidato secara maksimal.
  2. Memperbanyak informasi dan pengetahuan berkaitan dengan materi yang akan disampaikan. Hal ini merupakan hampir sama dengan point pertama. Anda harus bisa menguasai materinya dan anda akan bisa menyampaikan pidato secara maksimal kepada orang orang.
  3. Melakukan latihan yang meliputi pemilihan kosakata yang menarik, penampilan, volume suara, intonasi, artikulasi, serta tempo dalam berpidato. Ini merupakan hal yang paling penting dalam berpidato, karena para pendengar akan lebih serius mendengarkan pidato anda jika anda memperhatikan hal hal ini. Maka dari itu, persiapkan matang matang terutama pada hal ini.
  4. Mempersiapkan diri dari Fisik maupun Mental. Mental merupakan hal yang perlu di perhatikan dalam berpidato, Materi sudah anda susun dengan baik, tetapi mental anda lemah, Maka hal itu akan percuma sekali. Maka persiapkan mental anda baik baik agar anda tidak mengalami demam panggung.
Hal hal diatas merupakan sebuah rangkuman hal hal yang harus anda perhatikan dalam berpidato. Jika hal hal diatas telah anda penuhi, anda bisa melakukan pidato dengan baik dan benar. Dan satu ini merupakan Hal yang harus anda perhatikan Pada Saat Berpidato.
  1. Pandanglah pendengar sebelum berpidato untuk menjalin suasana Berkomunikasi. Ini perlu anda lakukan untuk mengajak para pendengar untuk fokus kepada anda, Jika hal ini telah anda lakukan anda bisa bersiap siap untuk menyampaikan Pidato tersebut.
  2. Pandanglah pendengar saat berpidato meskipun sesaat. Jangan tertuju pada satu arah. Jika menggunakan teks, jangan membaca teks tersebut tanpa memperhatikan Hadirin. Hal ini dilakukan agar Pendengar pidato anda semakin fokus dalam mendengarkan pidato anda. Hal ini juga dilakukan agar anda dan pendengar mempunyai suatu komunikasi yang baik sebelum Berpidato.
  3. Sampaikan pidato sesuai dengan isi pidato atau suasana, Misalnya sedih, gembira, duka, semangat dan lain lain. Jika anda melakukan hal ini, para pendengar akan Nyaman saat anda berpidato. Jika isi pidato bernuansa Sedih, anda bisa membuat raut wajah yang sedih pula untuk menekankan para pendengar untuk lebih menghayati isi pidato anda.
  4. Gunakan irama penyampaian yang variatif agar tidak monoton dan menjenuhkan. Ini adalah hal yang perlu anda perhatikan agar pendengar tidak Bosan mendengarkan pidato anda.
  5. Upayakan agar sesuatu yang kamu sampaikan dapat diterima dengan jelas oleh hadirin. Upaya ini dapat dilakukan dengan volume suara, Artikulasi, dan intonasi yang tepat serta bahasa yang komunikatif.
  6. Bersikaplah dengan sopan dan simpatik.
Itulah merupakan Hal hal yang anda harus perhatikan pada saat akan berpidato. Jika anda telah memperhatikan hal hal diatas, saya jamin, Pidato anda akan lancar.
Sekian Dari Saya Terima Kasih.
Load disqus comments

0 comments