Sikap Toleransi dan Empati Sosial Terhadap Keberagaman Budaya

Kita Punya.net - Pada pagi ini kami akan membahas tentang Sikap Toleransi dan Empati Sosial Terhadap Keberagaman Budaya. Salah satu penghambat dari terbentuknya integrasi nasional adalah karena masyarakat yang mempunyai budaya beraneka ragam, selain menimbulkan berbagai masalah keberagaman budaya seperti terjadinya konflik sosial, culutral lag dan masih banyak lagi.

Walaupun begitu, keberagaman juga mempunyai dampak positif yang sangat banyak salah satunya adalah sebagai salah satu penarik wisatawan agar datang ke Indonesia sehingga akan memberikan kontribusi devisa bagi suatu negara. Selain itu juga akan menambah lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dekat tempat wisata.

Baca lebih lanjut tentang : 10 Manfaat Keberagaman Budaya di Indonesia

Budaya yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia ini harus dilestarikan, jangan sampai budaya warisan leluhur tersebut hilang tenggelam oleh zaman. Jangan sampai juga budaya yang kita miliki diakui oleh negara-negara lain.

Sebagai bangsa Indonesia kita harus mengedepankan persamaan-persamaan yang ada, bukan mempertajam perbedaan yang pada akhirnya dapat membuat perpecahan atau konflik. Kita harus bersatu dengan budaya yang kita miliki, kita tujukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang kaya dengan budaya dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di dunia.

Salah satu kunci kemenangan bangsa kita melawan penjajah adalah adanya persatuan, Indonesia merdeka berkat adanya tokoh-tokoh pahlawan yang mempersatukan seluruh rakyat Indonesia. Dari pengalaman sejarah, sudah membuktikan bahwa persatuan itu sangat penting.

Untuk mencapai persatuan dalam kehidupan masyarakat yang majemuk dan memiliki budaya yang sangat banyak dan beraneka ragam maka diperlukan skap toleransi dan dikap empati pada setiap warga negara. Apa sih yang dimaksud dengan sikap toleransi dan sikap empati? Berikut penjelasannya :

Keberagaman Budaya
Keberagaman Budaya

1. Sikap Toleransi Sosial Terhadap Keberagaman Budaya


Definisi dari sikap toleransi adalah suatu sikap tenggang rasa yang mempunyai tujuan untuk memberikan kebebasan orang lain guna menjalankan hak yang dimilikinya. Sikap toleransi yaitu landasan utama seseorang dalam membangun kehidupan yang penuh ketenangan di lingkungan masyarakat yang multikultural.

2. Sikap Empati Sosial Terhadap Keberagaman Budaya

Definisi dari sikap empati yaitu suatu sikap yang menunjukan turut merasakan apa yang dialami oleh orang lain, yaitu dengan mencoba menempatkan dirinya dalam kondisi orang lain. Kunci untuk memahami perasaan orang lain adalah mamp membaca pesan non verbal, nada bicara, ekspresi wajah dan masih banyak lagi.

Menurut Golmen, terdapat 3 karakteristik kemampuan empati yaitu sebagai berikut :
a. Dapat menerima sudut pandang orang lain
b. Mempunyai kepekaan terhadap perasaan orang lain
c. Mampu mendengarkan orang lain

Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi proses empati seseorang  :
a. Sosialisasi
b. Perkembangan kognitif
c. Mood dan feeling
d. Situasi dan tempat
e. Komunikasi


Kemampuan empati dapat dilatih atau diasah, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan empati yaitu sebagai berikut :
a. Rekam semua emosi pribadi


b. Perhatikan lingkungan luar (orang lain)
c. Dengarkan curhatnya orang lain

d. Bayangkan apa yang sedang dirasakan orang lain dan akibatnya untuk diri kita
e. Melakukan bantuan secepatnya

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita mempunyai rasa empati yang sangat baik yaitu :
a. Rasa egois hilang
b. Tidak sombong

c. Mengembangkan kemampuan evaluasi dan kontrol diri

Load disqus comments

0 comments